Kamis, 13 September 2012

AYAM BANGKOK AYAM ADUAN

SEJARAH PHITIK BANGKOK

Ayam bangkok pertama kali dikenal di Cina pada 1400 SM. Ayam jenis ini selalu dikaitkan dengan kegiatan sabung ayam (adu ayam). Lama-kelamaan kegiatan sabung ayam makin meluas pada pencarian bibit-bibit petarung yang andal. Pada masa itu, bangsa Cina berhasil mengawinsilangkan ayam kampung mereka dengan beragam jenis ayam jago dari India, Vietnam, Myanmar, Thailand dan Laos.Para pencari bibit itu berusaha mendapat ayam yang sanggup meng-KO lawan cuma dengan satu kali tendangan.

Menurut catatan, sekitar seabad lalu, orang-orang Thailand berhasil menemukan jagoan baru yang disebut king’s chicken. Ayam ini punya gerakan cepat, pukulan yang mematikan dan saat bertarung otaknya jalan. Para penyabung ayam dari Cina menyebut ayam ini: leung hang qhao. Kalau di negeri sendiri, ia dikenal sebagai ayam bangkok.

Asal tahu saja, jagoan baru itu sukses menumbangkan hampir semua ayam domestik di Cina. Inilah yang mendorong orang-orang di Cina menjelajahi hutan hanya untuk mencari ayam asli yang akan disilangkan dengan ayam bangkok tadi. Harapannya, ayam silangan ini sanggup menumbangkan keperkasaan jago dari Thailand itu.
Konon, pada era enam puluhan di Laos nongol sebuah strain baru ayam aduan yang sanggup menyaingi kedigdayaan ayam bangkok. Namun setelah terjadi kawin silang yang terus-menerus maka nyaris tak diketahui lagi perbedaan antara ayam aduan dari Laos dengan ayam bangkok dari Thailand.

Di Thailand dan Laos, ada beberapa nama penyabung patut dicatat, seperti Vaj Kub, Xiong Cha Is dan kolonel Ly Xab. Pada 1975, ayam bangkok milik Vaj Kub sempat merajai Nampang, arena adu ayam yang cukup bergengsi di negeri PM Thaksin Sinawatra itu. Ayam yang bernama Bay itu merupakan salah satu hasil tangan dingin Vaj Kub dalam melatih dan mencari bibit ayam aduan yang handal.

Kedigdayaan ayam-ayam hasil ternakan Vaj Kub berhasil disaingi rekan sejawatnya dari kota Socra, Malaysia. Mereka dari negeri jiran itu mampu menelurkan parent stock atau indukan unggul. Hanya saja, pada generasi berikutn ya, Mr. Thao Chai dari Thailand berhasil menumbangkan dominasi peternak dari Malaysia. Mr. Thao memberi nama jagoan baru itu, Diamond atau Van Phet.

Thailand memang tak perlu diragukan lagi sebagai negara penghasil ayam bangkok unggul. Malahan sektor ini sudah diakui sebagai penambah devisa negeri gajah putih tersebut. Dari Thailand bisnis ayam aduan ini tak hanya merambah kawasan Asia Tenggara saja, namun meluas ke Meksiko, Inggris dan Amerika Serikat.
Ada kebiasaan yang berbeda antara sabung ayam di Thailand dan negara kita. Di Thailand, ayam yang bertarung tak diperbolehkan memakai taji atau jalu. Alhasil, ayam yang diadu itu jarang ada yang sampai mati. Kebalikannya di Indonesia, ayam aduan itu justru dibekali taji yang tajam. Taji justru menjadi senjata pembunuh lawan di arena.

Di Indonesia, hobi mengadu ayam sudah lama dikenal, kira-kira sejak dari zaman Kerajaan Majapahit. Kita juga mengenal beberapa cerita rakyat yang melegenda soal adu ayam ini, seperti cerita Ciung Wanara, Kamandaka dan Cindelaras. Cerita rakyat itu berkaitan erat dengan kisah sejarah dan petuah yang disampaikan secara turun-temurun.

Kota Tuban, Jawa Timur diyakini sebagai kota yang berperan dalam perkembangan ayam aduan. Di sini, ayam bangkok pertama kali diperkenalkan di negara kita. Tak ada keterangan yang bisa menyebutkan perihal siapa yang pertama kali mengintroduksi ayam bangkok dari Thailand.

Sebetulnya, jenis ayam aduan dari dalam negeri (lokal) tak kalah beragam, seperti ayam wareng (Madura) dan ayam kinantan (Sumatra). Namun ayam-ayam itu belum mampu untuk menyaingi kedigdayaan ayam bangkok.
klo mau phitik bangkok bagus ya ke cak warno prigen aja pasti bagus2 (kira2 begitu)

SEJARAH SAWONG SAIGON GANOI
Viet Nam, rumah Ga Noi

Asal usul noi ga tidak diketahui. Sejarahnya tidak dapat ditelusuri karena kurangnya dokumentasi. 30 tahun perang saudara berakhir pada tahun 1975 yang menewaskan jutaan dan merusak seluruh negeri lebih berkontribusi pada kurangnya informasi.

Sabung ayam di Viet Nam adalah tradisi lama dating kembali setidaknya 700 tahun. GA Noi diyakini asli Viet Nam karena tidak ada bukti kredibel dari originasi dari tempat lain. noi GA telah diekspor ke negara-negara tetangga seperti Thailand, Indonesia, dan Malaysia dalam beberapa dekade terakhir. cockers Vietnam yang tinggal di Amerika Serikat telah juga membawa noi ga ke Amerika. Ayam kemiripan fisik bantalan untuk noi ga juga bisa ditemukan di Pulau Reunion.
Bagi orang yang tertarik dalam meneliti asal ga noi, sebuah studi baru-baru ini dilakukan oleh tim Jepang pada asal semua ayam di dunia dapat ditemukan di www.accessexcellence.org. Penemuan baru oleh para peneliti Jepang menunjukkan domestikasi yang berlangsung lebih dari 8.000 tahun lalu di apa yang sekarang Thailand dan Vietnam, wilayah di mana ayam hutan merah ditemukan saat ini. Anda dapat mengklik ini PROTOCHICKEN link untuk membaca lebih lanjut tentang penelitian.
Definisi
Menurut "Nam Đại Quoc Am Tu Vi" linguistik buku penelitian dalam bahasa Vietnam, yang diterbitkan oleh seorang sarjana bernama Huynh Tinh Cua (Volume II, pada tahun 1896 - halaman 155), kata "Noi" berarti:
Noi = keturunan, berkembang biak. (Menulis Vietnam menggunakan tanda diakritik)
GA Noi = Suatu jenis khusus dari orang berkembang biak ayam untuk memerangi tujuan.
Rat Noi (seluruhnya noi) = A berkembang biak murni, tidak berkembang biak silang dengan jenis yang tidak diketahui
Vuong Hong Sen, penulis dihormati yang menceritakan kisah sabung ayam pada tahun 1915 dalam bukunya "Phong Luu Cu Moi", yang diterbitkan pada tahun 1961, memberikan definisi lain dari "Noi" sebagai:
Ras
Garis leluhur
Sebuah membedakan keturunan
Sebuah kemurnian tercatat berkembang biak seorang individu atau strain
The Annamite DICTIONNAIRE-Français disusun dan disunting oleh Génibrel, JFM diterbitkan pada tahun 1898 juga memberikan definisi yang sama seperti di atas.
The noi ga merujuk pada dua trah yang terpisah dari ayam berkelahi. Mereka ga đòn (singkatan ga noi đòn) dan cua ga (singkatan ga noi cua).
Đòn = memukul, mencambuk, merotan, meronta-ronta.
Spur = Cua
GA Đòn
GA đòn adalah jenis telanjang-leher penggunaan unggas dalam memerangi tape-tinju. Ada dua ras utama ga đòn. Mereka adalah Ma lai (hennie) dan Ma chi (biasa). Ada banyak keturunan dalam setiap jenis GA đòn. cockers Vietnam umumnya berkembang biak unggas untuk memelihara atau meningkatkan kemampuan bertarung, dan tidak memberikan perhatian khusus kepada standar fisik. Akibatnya, unggas diproduksi rentang luas dalam penampilan fisik mereka.
 Memacu dari 9 bulan ga đòn
Karakteristik umum
Spurless
GA đòn dijelaskan dalam manual sabungan banyak orang sebagai jenis unggas yang tidak memiliki memacu. Seperti deskripsi mengacu pada ayam yang tidak memiliki memacu atau menonjol sangat rendah taji dari Pusat.

Menurut Penulis Vuong Hong Sen, di Central Viet Nam mana uang sulit untuk mendapatkan, kehidupan unggas yang dianggap berharga. Ini lebih ekonomis untuk memerangi unggas spurless untuk mengurangi kemungkinan kematian dan cedera. Orang Pusat ga disukai đòn atas cua GA dan telah mengembangkan jenis spurless dari unggas untuk perkelahian daya tahan. Mereka menyebut jenis unggas ga đòn. Saat ini, istilah ga đòn juga digunakan untuk menggambarkan ayam tape tinju semua orang tanpa memandang panjangnya memacu's. (Mayoritas ga đòn di Selatan telah lama taji)

Secara umum, teknik tempur GA đòn berbeda dari GA cua. GA đòn cenderung menggunakan tangkai dan kaki untuk cambuk lawan sementara tusukan cua GA dan memotong dengan yang taji. "GA cua" juga tumbuh nya taji pada tingkat yang lebih cepat dibandingkan dengan "Ga đòn".
Secara tradisional, orang berjuang ga đòn dengan tumpul taji atau memotong mereka sehingga senjata agresif hanya kaki kambing.
Menatap
Kepala dan ekspresi wajah
Tengkorak dari noi ga besar, dengan bagian atas datar. Wajah yang luas, dengan besar, tulang pipi terangkat. noi GA dapat menunjukkan berbagai emosi dengan ekspresi wajah nya. Ketika sedang diberi makan oleh pemiliknya, noi ga menunjukkan ekspresi wajah gembira. Ketika orang asing datang dekat, menampilkan, penasaran lebar menatap mata melihat. Ketika ditempatkan di dekat lawan, hal itu menunjukkan terlihat, berarti berani. Mata tebal tutup, dalam soket mata, tulang pipi tinggi dan dingin menatap dari noi ga membedakannya dari ayam biasa.
 Kerut leher kulit
Leher besar dengan tebal, kulit keriput.
GA noi memiliki leher besar dan kuat. Leher yang menengah panjang.
tulang Leher sangat besar dan erat bergabung.
Kulit leher tebal berkerut. Mereka membentuk beberapa lapisan bergelombang.
Telanjang sampai 1 tahun.
Ketelanjangan
Sebuah pertanyaan yang banyak orang bertanya tentang noi ga adalah apakah atau tidak leher dan kepala telanjang alami atau dipangkas. Jawabannya adalah keduanya. Beberapa keturunan noi ga telanjang alami, beberapa memiliki bulu lebih dari yang lain tapi kebanyakan akan telanjang sampai satu tahun umurnya, jika dibesarkan dalam iklim panas Viet Nam. bulu leher yang paha dan mungkin atau tidak mungkin tumbuh kembali pada tahun kedua. Faktor-faktor seperti bloodline dan iklim akan menentukan berapa banyak bulu ini dapat tumbuh pada tahun kedua. Konstanta mencuci leher burung dapat menguatkan kulit leher dan bulu tidak bisa tumbuh kembali.

Di Amerika Serikat, noi ga bisa beradaptasi dengan iklim dingin dan mungkin memiliki bulu penuh pada usia lebih dini. Sebagian besar bisa saja bulu penuh pada usia 9 bulan saat dibesarkan di Amerika Serikat

Cockers melakukan trim kepala, leher, paha dan bagian underwing dari noi ga untuk bertarung. (Silakan lihat bagian sabungan untuk informasi lebih lanjut tentang pemangkasan.)
Untuk mempelajari tentang proses perkembangan yang lambat dari bulu ayam noi ga, silakan lihat Feather Pembangunan halaman.

10 bulan rusa biru tua ditampilkan di sini adalah dibesarkan di Viet Nam. Semua kulit merah secara alami telanjang sebagai bulu masih terus berkembang.
Katak mata.
Katak mata
Beberapa noi ga punya kodok mata. Big mata tidak baik untuk memerangi, tapi mata kodok milik kelas khusus. Mata yang besar dan dibesarkan seperti mata kodok. GA noi yang telah katak mata dalam kombinasi dengan kaki hijau dikenal untuk bertempur sampai mati dan bukannya berjalan.
Warna Kaki
30 tahun yang lalu, cockers di Vietnam Selatan tidak suka ganoi dengan kaki kuning. Kuning kaki entah dilihat sebagai inferior atau sebagai ayam disilangkan dengan ayam Cina digunakan untuk daging. Kuning kaki mungkin lebih dapat diterima saat ini daripada di masa lalu. Silahkan klik di sini untuk melihat koleksi noi ga kaki.
Libra
noi ga Kebanyakan memiliki dua deret sisik membentuk garis zig zag di tengah. Tiga atau empat baris sisik di noi ga yang tidak umum.
Lain karakteristik:
Paha: Muscular. paha yang biasanya lebih panjang dari batang tersebut.
Kaki: Menengah ke tinggi. Kebanyakan persegi dan segitiga tangkai di hari tua. Hari ini, tangkai bulat juga banyak.
Batang: tegas berotot, agak panjang. Belly berkembang porsi.
Kulit: Kulit berubah merah bila terkena banyak cahaya matahari.
Daging: Tough. Sangat sulit untuk mengunyah daging mereka bahkan setelah Anda sudah matang mereka.
Bone: Besar dan berat
Ekor: pendek, tertutup, agak sempit set, rendah dilakukan. Ma chi jenis memiliki ekor panjang dan sabit.
Spurs: Dari 2-6. Enam spurs disebut "Định luc".
Bulu: Tidak terlalu banyak bulu di kepala, leher, dan paha. Bulu kasar dan rapuh.
Intensitas Warna: Warna bulu sangat intens dan khas.
Berat: Antara £ 6. sampai 11 lbs. (2,8 kg sampai 5 kg..)
Kokok: GA đòn gagak relatif sedikit dibandingkan dengan jenis unggas lainnya. Suara berkokok yang mendalam dan rendah.
Kepribadian: Memiliki banyak keberanian, menantang, indomitableness, dan kecakapan.
Lokasi: GA đòn dapat ditemukan di provinsi sebagai berikut:

Northern Vietnam: The Provinsi Lang Son, Bac Giang (sebelumnya Ha Bac), Ha Noi.
Central Viet Nam: Provinsi Da Nang, Quang Ngai, Binh Dinh, Phu Yen, Khanh Hoa, Ninh Thuan.
Viet Nam Selatan: Ba Ria, Dong Nai, Ho Chi Minh (dahulu Saigon), Long An.
Klik di sini untuk sebuah peta provinsi Viet Nam
(Viet Nam dibagi menjadi tiga wilayah utama:.. Utara, Tengah dan Selatan Pusat dimulai dengan provinsi Thanh Hoa dan diakhiri dengan provinsi Dac Lak, Lam Đồng dan Binh Thuan)
GA Cua
cua GA adalah jenis lebih kecil dan lebih ringan dari gamefowl yang memiliki bulu penuh dan panjang, tajam taji. cua GA asli bagian Selatan Viet Nam dan tidak populer di Tengah dan Utara.
Secara tradisional, ga cua berjuang di diasah, alami taji. Hari ini, cua GA bertempur di galah.
Secara umum, saham cua paling ga karakteristik sebagai berikut:
Wajah: tampan, kulit yang lebih tipis dibandingkan dengan ga đòn
Mata: Round, tutup mata tipis.
Leher: Pendek, leher jauh lebih kecil daripada ga đòn.
Kaki: pendek, tangkai kecil
Spurs: panjang dan tajam.
Bulu: bulu Penuh, bulu mematahkan dan pelana panjang.
Tail: Wide, agak tebal, rendah dilakukan. Sabit yang sempit dan panjang.
Berat: Antara £ 5. untuk £ 7
GA Choi, GA Đà, Ga Noi
dengan variasi bahasa dalam penggunaan Viet Nam, Ga noi Karena juga dikenal sebagai Ga Choi di Utara dan GA Đà di Tengah. Kata "Choi" berarti pertempuran. Kata "Đà" berarti menendang. Di Selatan, orang lebih suka menggunakan istilah "Ga noi". Vietnam memahami bahwa semua tiga istilah berarti hal yang sama Pilihan untuk menggunakan istilah tertentu adalah preferensi daerah..

Di Vietnam Selatan di mana cua ga berlimpah, peternak umumnya mengkhususkan diri pada baik "Ga đòn 'atau" Ga cua "tetapi tidak keduanya. Namun, orang-orang terus menggunakan istilah umum "Ga noi" untuk merujuk kepada kedua jenis meskipun ada perbedaan mendasar dalam penampilan fisik dan teknik berkelahi. Biasanya, para peternak dari "Ga đòn" tidak bergaul dengan "cua Ga" rekan-rekan karena setiap jenis unggas memiliki gaya bertarung yang berbeda memerlukan metode yang berbeda tentang kepedulian dan pelatihan.
Catatan kepada pembaca
Sebagai preferensi populer, istilah "Ga noi" bila digunakan pada situs ini mengacu pada "Ga noi đòn". Jenis lain dari noi GA, GA noi Cua, hanya akan disebut cua GA.
Kontribusi
Dokumen ini disusun oleh para anggota Asosiasi Ganoi Vietnam. Karena akses yang terbatas kami untuk informasi, dokumen masih kekurangan rincian penting tentang noi ga. Dokumen yang terbatas akan diperbaharui seperti yang kita belajar lebih banyak tentang ga Noi.

(iki asline boso pietnam kono dolor,diterjemahno karo mbah gogle,yo maklumono dadine pating pecotot artine )
ingin jenis anakan ganoi ke cak warno prigen aja bro,klo babon gundul jg ada,klo cewek gundul anak tuyul tu...

SEJARAH PHITIK BIRMA(myanmar)
Kembali di tahun 1960-an, Departemen Sumber Daya Alam Georgia ditebar
ayam Burma di seluruh negara sebagai burung permainan tambahan untuk diburu
seperti ayam pegar atau puyuh.

Ini, burung kecil warna-warni menyerupai pertempuran ayam permainan, olahraga
brilian oranye dan ruffs kuning dan berkilauan bulu ekor hitam.

Kawanan ayam dibebaskan beberapa mil dari Fitzgerald di
Ocmulgee Sungai. Populasi burung tidak pernah memegang di daerah lain
negara, tapi untuk beberapa alasan, mereka meninggalkan situs sungai dan membuat jalan mereka untuk
Fitzgerald pusat kota, di mana mereka telah disebarkan dan makmur yang pernah
sejak!.
Eksotis dan indah, ayam Burma juga lebih atletis dari Anda
rata-rata ayam. Menurut salah satu sumber daya unggas, jika tertangkap dalam perkelahian,
ayam Burma bergerak dan berpikir di luar gerakan mereka, sementara yang lain
keturunan bergerak lurus ke medan.
Fitzgerald penduduk memiliki cinta / benci hubungan dengan burung-burung liar.
Beberapa orang membeli benih dan pakan secara teratur, yang lain mengejar mereka dari mereka
meter dan kebun dengan sapu dan kata beberapa pilihan.
Apakah mencintai atau membenci, ayam Burma adalah bagian akrab dari
Fitzgerald adegan. Mereka membangunkan Anda di pagi hari, membuat lalu lintas ringan
masalah, dan, klaim beberapa orang, bahkan menjaga bug pergi
seng jelas ayam burma iku phitik kampungge myanmar,bergerak gesit lincah,dengan tusukan2 tanpa nyucuk wulu

warnanya lucu2 kaya phitik jowo tapi soal bertarung cepatnya luar biasa
cak warno prigen udah produksi jenis magon(birma saigon)buruan beli sebelum abissss
AYAM TAIWAN

Ayam Taiwan juga berasal dari Ayam Thai atau kita kenal dengan ayam bangkok, dan tentunya Warna serta ukuran tidak jauh berbeda dengan ayam thai sendiri, yaitu warna warna campuran Merah Hitam, Hitam Hitam, Kuning Hitam, dll.
Umumnya Ayam Taiwan memiliki Tekhnik Bermain yang Nakal layaknya ayam thai/bangkok, orang taiwan sendiri menyukai type ayam yang bermain cerdik, seperti negara negara yang menyukai permainan "Fighting Fowl" mereka pun secara periodik melakukan cross breeding dengan type ayam lainnya
AYAM SHAMO

type Shamo(si sebok ekor pendek dg badan tegak) yang notabenenya berasal dari Jepang,tapi shamo yg bagus telah re engkarnasi menjadi monster pembunuh di brazil(brazilian shamo)aku seh ra ngerti kok iso bedo shamo nipon karo brazil,,mungkin udah kawin silang sama maradona jadinya punya gerakan lbg kesit n ngigit,ada 3 mcm: shamo chu shamo ko shamo
brazilian cook fighter

tehnik main ayam brasilian mirip ayam burma yaitu lempar pukul mranggal akurat menyamping & selalu mundur. hanya tulangannya kasar bodynya tinggi besar
AYAM JENIS SILANGAN YG TERBARU PALING DICARI PENGHOBBY
VIETBANG-MAGON-PAMATHAI-PAKOY-PAKHOEY

Ayam Pama ( Burma+Thai ) jadi ayam Pama adalah gabungan antara ayam bangkok dan ayam Birma itu sendiri ( walaupun ayam bangkok asal usulnya dari burma juga ).
jenis pama oleh banyak org awam disebut vietbang(vietnam bangkok)padahal vietbang itu adalah salah satu dr jenis ganoi(saigon)
memang bk n taiwan adalah ayam super namun dg jenis PAMA akan mati langkah
Pakhoy/pama  memang merupakan ayam yg asik unt di miliki dgn permainan yg bongkar pasang...
Ciri khasnya Pakhoy salah satunya pukul badan tapi tdk semua pukul badan abangda...
malah ada pukul di sambungan kepala lalu sambungan leher badan seperti Nagod,
sedangkan Hiu memang benar pukul badan baru kepala...
Yang saya tau Pakhoy yg bagus memiliki 2 macam ciri khas...
1. Permainan yg terus rapat seperti lengket, lebih bagus lagi bila tekuk habis langsung pukul...
2. Bila rapat tetap akan lepaskan pukulan masuk kedalam dgn pukulan yg menyakitkan...
Pakhoy yg di gemari,
1. Main peluk habis-habisan/ tekuk seperti kaitan sambil lakukan pukulan cangkul baru kepala...
2. Main peluk habis sambil tekuk seperti kaitan dan kadang mancing sambil lepaskan pukulan di sambungan kepala baru sambungan batang leher badan...
ada yg bilang pama tu(bangkok birma)sedangkan pakhoy tu(magon)
wes ra orus yg penting 2 jenis tu podo istimewanya
apalagi 3 trah(bk-saihon-burma di silangin)klo hasil lbh mantap ngk hasil makin jlk dr 2 ras diatas
kata ahli phitik 3 trah itu bisa hasil bisa gagal butuh minimal 12th dlm proses ujicoba

lihat aja berita perayaman dimalay,thai,amrik,filipin nyaris ras ini yg dicari setelah magon(birma-saigon) 
MAGON 

silangan ayam birma-saigon ini sudah menggeser keperkasaan ayam bangkok(thai)dg kecepatan kecerdikan dan ngk makan kunci lock bk,m
maka da tentu dpt mengakiri n menurunkan gelar si ayam asli raja ayutaya ini(bk)
magon saat ini menjadi ayam pembunuh terbaik di arena

ULESE PHETEK PENGADON
Secara fisik, Bulu memang sama dari segi bentuk,tetapi kalau secara fisual, bulu memiliki nilai pesona tersendiri bagi ayam tersebut. Mungkin ada para penghobi ayam bangkok yang sangat fanatik dengan bulu, bahkan ada yang mengangap bahwa bulu mempengaruhi kualitas ayam. Namun itu semua dikembalikan ke individu masing-masing. Berikut ini adalah jenis-jenis bulu ayam bangkok.

1. WIRING
Bulu ayam bangkok jantan yang paling populer & berkelas adalah warna wiring. Corak warna ini adalah terdiri dari warna dasar hitam dengan bulu rawis leher & ekor berwarna kuning kemerahan. Jika warna rawis cenderung berwarna kuning keemasan disebut wiring kuning, sedangkan jika lbih cenderung berwarna merah tua kecoklatan disebut wiring galih.

2. WANGKAS
Beda dengan wiring yang memiliki warna dasar hitam, ayam wangkas memiliki warna dasar yang hampir sama dengan warna rawisnya yaitu kuning kemerahan. Jika warna bulu cenderung kuning keemasan disebut wangkas emas, namun jika warnanya lebih gelap kemerahan disebut wangkas geni.

3. KLAWU
Klawu memiliki warna dasar abu-abu. Jika rawisnya berwarna abu-abu gelap/abu-abu kehitaman disebut klawu kethek. Dan jika warnanya abu-abu kemerahan disebut klawu geni.

4. BLOROK
Warna blorok adalah kondisi ketikabulu ayam berwarna totol-totol dan merupaka kumpulan dari berbagai warna. Warna blorok yang sederhana adalah hanya terdiri dari warna putih bertotol hitam & warna rawisnya adalah merah. Namun warna blorok akan istimewa jika kombinasi warna dasarnya lengkap yaitu putih, hitam, merah, dan hijau dengan rawis berwarna putih kemerahan, warna tersebut disebut blorok madu.

5. JRAGEM
Warna ini adalah warna hitam, beserta rawisnya. Jika kulit tubuh, mata, paruh, serta sisiknya berwarna hitam semua disebut warna cemani. Untuk ayam bangkok jarang yang memiliki warna ini, warna ini terjadi apabila ada garis keturunan yang bersilangan dengan ayam cemani atau ayam kampung.

6. JALI
Warna jali adalah warna blirik yang merupakan campuran warna tapi dalam noktah atau garis-garis kecil. Berbeda dengan warna blorok yg berpola totol, ayam bangkok jarang yang berwarna ini. Ada orang yang sangat memburu warna asli warna ini karena langka dan berkesan eksotis.

7. PUTIH
Ayam dianggap berbulu putih seta bila ayam bangkok memiliki warna putih semua baik warna dasar maupun warna rawis. Beberapa ayam jenis ini memiliki warna rawis berbeda namun warna dasarna sama yaitu putih.
klo saya lebih suka yg kuning langsat bos,wajah bulet imut agak manja n ngak boros uang belanja.

Warna-warna diatas adalah warna utama. Dalam persilangan masing-masing warna memiliki varian beragam, sebagian orang mengangap warna sebagai standar kualitas. Warna wiring dan wangkas adalah yang paling berkelas dibandingkan dengan warna yang lain, namun semuanya tergantung dari pilihan anda masing-masing.

TANDA AYAM PENGADON KANG BECIK(AYADU BAIK)
Ayam aduan yang bagus, adalah ayam yang katuranggan, tehnik tarung dan gaya pukulannya semua saling sesuai dan serasi,
Ayam dengan tehnik tarung atas kontrol, akan sia sia tehniknya bila tidak punya pukulan depan yang bagus, begitu juga tehnik ngalung(kunci), akan mubazir bila tidak di imbangi pukul samping yg sempurna

Ciri Fisik
Badan:
-Panjang, punggung sedikit melengkung, bulu tebal menutup badan rapat,kecil - kecil, mengkilat, sayap panjang, dengan helai besar2,diraba licin spt berminyak,saling menumpang rapat, kulit tebal elastis, ruas antar tulang rapat, tulang dada lurus panjang. bentuk leher serasi dengan panjang badan. letak brutu(ekor) kalo bisa diatas tulang belakang(tidak masalah brutu besar/kecil), tulang sulbi(supitan) harus kaku(tdk masalah lebar sempitnya)
Kepala:
-Lonjong, dagu penuh, dilihat dari atas bentuknya lebar, tekstur pial(cengger) lembut kenyal,licin spt berminyak, mata tajam, kelopak membuka lebar menutup sempurna pinggir mata
Kaki:
-Ciri terutama ayam aduan adalah terletak di kaki, ada banyak ciri2 sisik yang kalo saya tulis, 2 hari tidak akan selesai, garis besarnya, ada 2 tipe jenis kaki; bulat dan kotak(mblimbing;/jawa/). Banyak orang suka dengan tipe kotak, tapi sesuai pengalaman saya, kaki bulatlah yang rata2 pukulannya keras mematikan. Bila anda suka tipe bertarung yang 'nakal', cari ayam dengan sisik jari tengah yang 'pecah' kiri-kanan. Ayam jenis ini bila bertarung selalu menyulitkan lawan dengan tehniknya
------------------.
SINGKATE NGENE BRO,,
1. Kepala model buah pinang (Prioritas Utama)2. Paruh panjang dan tebal3. Leher lurus dan tebal 4. Badan panjang (Prioritas Utama)
5. Dada bidang6. Bahu Kuncup7. Sayap rapat dan panjang (Prioritas Utama)8. Pangkal ekor besar/tebal dan kaku (Prioritas Utama)9. Paha bulat dan pipih (Prioritas Utama)10. Ekor lebat dan menyentuh tanah11. Lutut menekuk12. Kaki bulat dan kering, sisik rapih13. Jari panjang dan halus
 Memang tidaklah mudah untuk menemukan ayam yang memiliki ciri-ciri di atas secara lengkap, tapi paling tidak kita menemukan beberapa ciri sudahlah sangat bagus, dan menurut bang Jackone, minimal ciri prioritas utama haruslah dapat dipenuhi, dan bilapun tidak bisa, minimal 5 dari total 13 ciri haruslah dipenuhi saat membeli ayam sehingga akan dapat memberikan kepuasan dalam memeliharanya.
Cara cepat yang bisa kita lakukan untuk menentukan dan memilih apakah seekor ayam masih merupakan turunan F1 dari Bangkok asli, ataupun masih memiliki darah bangkok yang kental.
 Berikut beberapa ciri yang dapat dijadikan panduan:
 1. Suara kokok ayam keras dan pendek.2. Badan panjang, tulangan kasar dan kaku.
3. Pada pangkal paha belakang, terdapat bulu yang memiliki warna yang sama dengan leher, bahu dan punggung.
Selain itu dari sisi warna, beberapa hal yang bisa dijadikan panduan yaitu:
1. Warna bulu leher, bahu, punggung, dan bagian belakang paha harus satu warna.
2. Warna bulu bagian bawah leher dan dada hanya satu warna dan berwarna hitam.
3. Warna bulu ekor hanya satu/dua warna dan berwarna hitam campuran putih.
Beberapa Ciri-Ciri penting Ayam Laga yaitu:
Batok kepala dan tulang alisnya tebal.
Bulu mengkilap dan kaku, terutama pada bulu sayap dan ekor.
Kaki bersisik kasar, dengan bentuk dari persegi empat sampai bulat.
Kepalanya berbentuk buah pinang.
Ketika berdiri, sikap badannya tegak.
Mata masuk ke dalam, sipit, dan jernih.
Kulit muka kasar, tebal dan berwarna merah.
Paruh besar, kuat melengkung, beralur mulai dari lubang hidung ke arah muka.
Lubang hidung agak ke depan.
Jari kaki panjang, kecil, kuat dan susunan jarinya mekar.
Pandai memukul bagian vital lawan.
Pukulan keras dan akurat.
Semangat tarung tinggi.
Tulang-tulangnya kasar dan rapat.
Ciri-ciri khas yang dimiliki oleh ayam Bangkok inilah yang membuatnya sangat terkenal kehebatannya di arena tarung di seluruh dunia.

Kriteria ayam aduan yg bagus menurut saya adalah harus memenuhi unsur2 berikut :
1. Teknik tarung
2. Teknik pukulan
3. Konstruksi tulangan
4. Darah keturunan
5. Ciri fisik/Katuranggan.

1. Teknik tarung.
Seperti apa teknik tarung yg bagus? Apakah yg bisa ngalung kiri kanan? Yang bisa bongkar keluar masuk sayap? Kontrol yg bagus? Ataukah memiliki ciri unik seperti lari atau ngendul?
Semua benar… Namun dari hal2 yg dianggap bagus ini, ada 1 kesamaan dari kesemuanya. Yaitu, teknik tarung yg dianggap bagus adalah yg sulit dipukul lawan. Apapun gaya tekniknya, Kontrol, bongkar, lari, dorong, ngendul, ngumpet, dll, sekali lagi yg terpenting dan harus kita perhatikan adalah : sulit dipukul.
2. Teknik pukulan.
Banyak type pukulan yg dianggap baik. Mulai dari pukul gledek, pukul jalu, pukul badan, pukul antik, dll, kesemuanya bermuara pada satu kesimpulan bahwa pukulan yg bagus adalah yg mampu membuat efek negatif pada musuh yg terkena pukulan. Biasanya, pukulan yg membuat efek negative ini adalah pukulan yg bersih, tepat mengena pada sasarannya.
3. Konstruksi tulangan.
Tulangan yg baik harus tebal, kekar dan padat. Otot2 dan daging lembut namun tetap padat berisi dan enak/pas dipegang. Hal ini berguna sebagai penunjang daya tahan tubuh ketika menerima pukulan dari musuh. Selain itu, konstruksi tulangan yg bagus mampu menyimpan tenaga dan stamina yg bagus pula.
4. Darah keturunan.
Ayam aduan yg bagus harus jelas asal usulnya. Tidak boleh dari keturunan mental yg ‘cengeng’ dan mudah menyerah. Ayam yg bermental baja lebih baik mati dalam pertempuran atau menghindar dari musuh apabila tidak sanggup lagi melawan. Pantang baginya mengeluarkan bunyi ‘keok’ tanda menyerah.
5. Ciri fisik/katuranggan.
Banyak orang percaya bahwa katuranggan/ciri fisik yg bagus mampu membawa berkah bagi pemiliknya. Selain itu, katuranggan yg baik dipercaya memberi wibawa pada ayam sehingga musuh menjadi takut bahkan bila hanya mendengar kokoknya saja.
GAYANE TARUNG PHITIK JAGO
Ayam petarung, terutama ayam bangkok memiliki ragam teknik bertarung yang bervariasi. Seorang pelatih tidak bisa mengubah teknik bertarung ayamnya karna (akut) bawaan ayam sendiri.Yang bisa dilakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh, memperpanjang nafas dan mengeraskan pukulan.
Beberapa ragam teknik tarung antara lain:
KONTROL
Teknik ini adalah teknik bertarung yang paling polos. Ayam cenderung tidak berusaha mencari peluang alternatif untuk memukul lawan, tetapi hanya berusaha agar posisi kepala tegak dan ada di atas kepala lawan, mematuk lalu melepaskan pukulan. Keunggulan teknik ini adalah lebih hemat dalam energi sehingga nafas bisa bertahan lebih lama.
SOLAH
Teknik ini adalah yang paling liar dan paling memakan energi. Ayam bertipe solah akan terus bergerak dengan amat bervariasi. Dia seolah hendak melakukan satu teknik ngalung, tapi tidak bersungguh dan lama, segera mengubah gerakan dari kiri ke kanan dan sebaliknya lalu segera disusul dengan gerakan atau percobaan pukulan lain. Ayam solah biasanya amat memukau, tetapi teknik ini amat menguras energi dan umumnya ayam solah kurang memiliki ketahanan badan.
PRANGGAL(MERANGGAL)
Teknik ini adalah memukul tanpa mematuk lawan. Teknik pranggal memiliki kelebihan dibanding dengan teknik lain karena pukulan bisa dilepaskan dengan seketika tanpa perlu sebuah ‘pegangan’ seperti teknik lain. Dalam teknik lainnya, ayam harus mematuk, menggigit lalu memukul dengan kedua kaki.
MULAR
Ini adalah teknik tarung dengan lari dan jaga jarak. Ayam berteknik mular akan menjauh dari lawannya ketika terdesak atau sulit memukul. Ketika lawannya mengejar di belakang, secara tiba-tiba ia bisa berbalik dan melepaskan pukulan ketika lawannya belum siap. Ayam mular umumnya memiliki pergerakan kaki yang baik serta nafas yang tahan lama.
NGALUNG
Teknik ini adalah merengkuh leher lawan dan menguncinya, seolah ‘mengalungi’. Dengan teknik ini maka lawan akan kesulitan memukul, mati langkah dan selanjutnya bisa dipukul tanpa mampu menghindar. Ayam ngalung umumnya memiliki urat leher yang bagus serta struktur tulang leher yang rapat. Tanpa memukulpun ayam ngalung bisa membuat lawan frustasi.
NGGANDUL
Teknik ini mirip dengan ngalung tetapi gerakan leher lebih menumpang dibanding merengkuh sehingga lawan juga akan menanggung beban karena ‘ditumpangi’.
NYAYAP
Teknik ini adalah kepala masuk ke sayap lawan, keluar dari ketiak dan setelah posisi memungkinkan akan melepaskan pukulan ke arah kepala. Efek teknik nyayap, selain pukulan ke kepala, juga akan menyakiti bahu dan sayap lawan karena dipaksa untuk renggang dari badan.
DONGKRAK
Teknik ini dilakukan dengan masuk di antara kaki lawan, ambil nafas dan mencari posisi, lalu dengan sekuat tenaga berusaha muncul dari arah ekor lawan sehingga badan lawan akan terangkat (didongkrak). Ketika lawan sedang berusaha menguasai keseimbangan, maka lawan dapat dipukul pada berbagai sasaran dari arah belakang.
DOBRAK
Teknik ini agak langka, ayam biasanya akan masuk di antara dua kaki lawan lalu mematuk paha dan memukul badan bagian bawah. Serangan ini sulit diantisipasi dan biasanya lawan akan kesakitan dan sulit membalas karena posisi musuh selalu di bawah.

Pada beberapa daerah nama-nama teknik ini bisa berbeda-beda. Secara umum, seekor ayam petarung akan memiliki salah satu teknik dominan sejak lahir.Satu atau dua teknik yang lain mungkin untuk dimiliki sebagai kelebihan tapi sangat mustahil bagi seekor ayam untuk memiliki semua teknik bertarung.
TEKNIK PUKULAN JAGO PETARUNG

Teknik Pukulan Satu. Ayam laga yang memiliki jurus ini fisiknya terkenal kuat, dadanya tegap, serta pundak dan lehernya tidak beruas.  Di arena adu ayam, ayam ini sering disebut berian atau di Thailand disebut mai li. Para petaruh jarang yang menjagokan ayam jenis ini, karena pukulan yang dikeluarkan hanya satu persatu.  Namun, ketika pukulan tersebut tepat mengenai lawannya, dapat dipastikan lawan tersebut akan kaget dan terpojok.  Teknik pukulan yang biasa dipakai adalah pukul depan dan pukul serong.

Teknik Pukulan Seri. Gaya bertarung pukulan seri ditandai oleh banyaknya pukulan yang terlontar dengan cepat tetapi terkarang kurang akurat.  Jika ayam tersebut berasal dari induk yang pernah menjadi jagoan kalangan, pukulannya sangat akurat sehingga tidak akan lama menghabisi lawan-lawannya.  Ayam laga dengan gaya bertarung seperti ini biasanya memiliki gerakan yang sangat lincah, dan lebih suka memukul lawannya dari arah depan.  Di Thailand ayam ini terkenal dengan nama mai dien.
Teknik Kunci Pukul. Gaya bertarung seperti ini sangat ditakuti dan sangat sulit dipukul oleh lawan karena mampu mengunci gerakan kepala dan leher lawan.  Caranya adalah menindih kepala dan leher lawan sehingga lawan mengalami kesulitan mencari kepala musuh. Di kalangan, ayam tipe ini disebut ngalungin.  Pukulan serong adalah senjata terbaiknya untuk memukul balik lawan.  Jika terkena pukulan ini, bagian atas leher dan kepala lawan bisa robek atau bengkak. Di Thailand, ayam aduan tipe ini disebut mai rau.
Teknik Pukulan Belakang. Gaya bertarung ayam ini termasuk unik, karena suka menyerang dan memukul lawannya dari arah belakang atau terkenal dengan istilah ngonde.  Selain terkenal sangat ampuh dan mematikan, pukulan dari belakang juga sulit diantisipasi lawan.  Ketika bertarung, ayam akan masuk dan mematuk kepala lawan, lalu dengan gerakan yang cepat memutar badan dan mematuk kepala lawan dari belakang.  Di Thailand, ayam aduan dengan gaya bertarung seperti ini disebut may deo.
Teknik Pukulan Teleh atau Janggut. Sebelum melontarkan pukulah teleh, ayam akan memainkan kepalanya di bawah leher lawan.  Setelah itu, dari bawah dagu lawan, ia melepaskan pukulan yang sangat keras.  Kekuatan pukulan tersebut menjadi dua kali lipat karena tenaga lawan yang bersiap untuk melakukan pukulan ikut tersedot sehingga bebannya menjadi dua kali lipat.  Di Thailand, ayam ini disebut mai u.
Teknik Ngoyor. Gaya bertarung tipe ini termasuk yang paling buruk, sebab musuh dapat dengan mudah memukul kepala yang sering berada di bawah.  Namun, jika posisi kepalanya sangat rendah, musuh akan mengalami kesulitan untuk melakukan pukulan.  Ayam dengan gaya bertarung tipe ini hanya memiliki senjata andalan berupa pukulan satu.  Jika tidak memiliki pukulan satu yang mematikan, ayam yang di Thailand disebut mai day do ini jarang diminati.

KARAKTER TULANGAN
Bagi penghobby tulen dan Petarung kalangan selalu mempertimbangkan aspek pendukung dan menjadi tolak ukur dalam menyeleksi kwalitas AyamTarungnya. Salah satu hal penting yang harus dan paling diperhatikan adalah karakter dan kerapatan tulang yang dimiliki oleh seekor Ayam Bangkok. Beberapa patokan yang sering digunakan untuk menandai kerapatan tulang adalah pada bagian :


1. Tulang Sambungan kepala dan leher lebih baik tidak menonjol.
2. Ruas tulang leher makin rapat semakin baik.
3. Celah sambungan leher dan bahu makin rapat semakin baik.
4. Tulang sayap dalam makin tebal semakin baik.
5. Tulang pinggul makin bulat (tidak bidang) semakin baik.
6. Tulang Wajah tidak kasar semakin baik.
7. Tulang dada makin lebar semakin baik (bukan meruncing).
8. Jarak tulang dada belakang dengan supit makin dekat semakin baik.
9. Tulang Supit makin rapat semakin baik (boleh longgar asal tebal dan kaku).

CIRI2 BABONAN BAHENOL

Bagi penghobi breeding ayam bangkok, memahami cara memilih indukan yang baik adalah wajib. Seekor babon, adalah mesin utama dalam sebuah peternakan, dan khusus untuk urusan breeding, sering berperan lebih ‘penting’ daripada jago.

Memilih babon yang baik adalah tidak mudah, dan lebih sulit daripada memilih jago yang baik. Seekor jago bisa dipilih dengan melihat cara bertarungnya menghadapi berbagai tipe lawan, tetapi seekor babon yang baik tidak cukup demikian.

Dalam perindukan ayam, dikenal dua jenis babon istimewa yaitu babon unggul dan babon cetak.

Babon unggul adalah babon pilihan, memiliki silsilah perindukan yang baik, struktur tulang yang bagus, bentuk badan ideal (seperti botol) dan menunjukkan teknik bertarung yang baik. Babon ini juga harus memiliki sifat dominan pada keturunan, sehingga anak-anak yang dihasikan cenderung akan mewarisi kelebihan induknya. Bahkan ketika dikawinkan dengan jago yang kurang baguspun, anak yang dihasilkan akan cenderung ikut induk dan lebih bagus dari bapaknya. Babon unggul biasanya berasal dari galur murni.

Babon cetak adalah babon yang punya kecenderungan resesif dalam keturunan. Anak yang dihasilkan akan cenderung mirip atau fotocopy dengan bapaknya. Seekor babon cetak yang baik, harus menghasilkan anak yang jelek ketika jagonya jelek. Sebaliknya harus menghasilkan anak bagus ketika jagonya bagus. Jika babon cetak dikawinkan dengan jago jelek dan anaknya bagus, maka ia gugur dalam kriteria babon cetak dan harganya turun.

Babon cetak bisa cetak fisik, cetak teknik, atau cetak semuanya. Untuk uji cetak fisik, adalah dengan mengawinkan berbeda bulu atau bentuk jengger yang beda. Seekor babon cetak berwarna hitam harus menghasilkan anak berwarna putih ketika jagonya putih. Jika dikawinkan dengan ayam katai, maka anaknyapun harus kecil-kecil. Untuk uji cetak teknik, harus dikawinkan dengan jago berteknik jelek, lalu dengan jago berteknik bagus. Seekor babon yang cetak sempurna, harganya bisa amat mahal dan tidak realistis. Babon cetak bisa berasal dari galur murni (BK) maupun campuran (F1 maupun F2) atau turunan yang sudah jauh

.

BADAN NBOTOL OPO MBRONGKAL
Ayam bangkok jika dilihat dari depan maupun dari samping memang memiliki penampilan paling gagah dibanding ayam ras lain. Secara umum badannya terlihat tegap, dengan dada yang membusung dan otot paha yang kokoh.

Tetapi memilih bentuk badan yang ideal, tidaklah cukup dengan hanya mengamati penampilannya. Mau tidak mau, badan ayam harus kita pegang untuk mengetahui secara persis bagaimana bentuk badannya. Cara memegangnya adalah dengan meletakkan tangan di samping kiri dan kanan badan ayam, kedua jempol bersentuhan di punggung dan dua jari tengah saling bertemu di dada tepat pada pangkal paha bagian depan. Bentuk ayam yang ideal adalah bulat memanjang seperti botol dengan bagian dada yang melebar. Bentuk bulat seperti botol ini tidak tergantung dari ukuran ayam. Baik ayam berpostur kecil maupun besar, tetap pegangannya akan terasa enak. Ayam yang pegangannya enak, biasanya akan memiliki teknik bertarung yang baik dan gerakan yang bagus.
Dalam kasus tertentu, ada juga bentuk badan ayam yang menonjol pada tulang dada bawah sehingga pegangannya jadi mengganjal dan tidak nyaman. Ayam ini disebut dengan ayam bronggal. Sebenarnya teknik tarung ayam bronggal tidak selalu jelek, dalam beberapa kasus malah punya kecenderungan pukulan yang keras dan tahan pukul. Tetapi ayam bronggal jelas memiliki kerugian dalam hal gandeng. Karena pegangannya yang besar, seringkali harus menghadapi lawan yang ukurannya di atasnya tetapi jatuhnya pegangan sama. Selain itu bentuk badan bronggal juga membuat ayam relatif kalah gesit.
Badan bronggal adalah faktor genetik. Cara untuk menghindarinya adalah dengan mengawinkan jago bronggal yang memiliki teknik tarung berkualitas dengan babon yang berbadan botol sempurna dan ramping. Upaya lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat tenggeran untuk tidur bagi anak-anak ayam yang sejak kecil sudah bisa diidentifikasi akan berbadan bronggal. Cara tidur yang bertengger akan membuat tulang dada bawah bersentuhan dengan tenggeran yang akan membuatnya tidak terlalu berkembang menonjol.
PERBEDAAN DASAR N PRESENTASINE 3 TRAH PENGADON
BK-SAIGON/GANOI/BIRMA
Bagaimana jika ayam bangkok, ayam vietnam dan ayam philipine saling diadu, mana yang akan menang? Berikut adalah kemungkinan yang bisa terjadi.
Ayam Bangkok vs Ayam Vietnam.
Ayam bangkok sudah pasti unggul dalam hal teknik bertarung. Ayam vietnam, dalam beberapa kasus, dapat memiliki kelebihan dalam kerasnya pukulan dan ketahanan menerima pukulan. Secara umum, ayam bangkok memiliki peluang lebih besar untuk menang, terutama untuk tipe solah, pranggal dan mular. Tetapi jika ayam bangkoknya bertipe kontrol maka kemungkinan ayam vietnam dapat memenangkan pertarungan karena akan sering terjadi jual beli pukulan.
Ayam Bangkok vs Ayam Philipine.
Ayam bangkok sudah pasti unggul dalam ketahanan badan, postur dan teknik bertarung. Sedangkan ayam philipine unggul dalam hal kecepatan dan kegesitan bergerak, dan memiliki kelebihan dalam pergerakan di udara. Jika ayam bangkok berhasil memukul ayam philipine, di bagian manapun baik kepala maupun badan, baik bertaji maupun tidak, akan berpengaruh berat pada ayam philipine. Bisa saja sekali pukul ayam philipine langsung KO. Satu-satunya peluang ayam philipine adalah memukul dengan taji pada bagian mematikan (mata, syaraf di kepala, dan ruas leher). Pukulan taji di badan ayam bangkok tak akan langsung berpengaruh. Jika taji ayam philipine tidak tajam, maka pukulan ayam philipine nyaris tak berpengaruh pada ayam bangkok. Ayam bangkok juga bukan sasaran empuk bagi serangan cepat ayam philipine, karena umumnya ayam bangkok memiliki teknik menghindar yang baik.
Ayam Philipine vs Ayam Vietnam
Ayam philipine memiliki kelebihan dalam kecepatan gerak dan pertarungan udara, ayam vietnam memiliki kelebihan dalam kekerasan pukulan dan ketahanan badan. Ini pertarungan yang memiliki peluang sama untuk menang, tapi sebenarnya kurang menarik untuk dilihat. Jika ayam philipine bisa dengan cepat mengambil peluang, maka ayam vietnam adalah sasaran yang empuk untuk tajinya karena umumnya ayam vietnam lebih mengandalkan ketahanan dibanding kemampuan menghindar. Sebaliknya, jika sekali saja ayam vietnam mampu memukul kepala ayam philipine, maka bisa langsung KO. Pukulan di badan maupun sayap juga bisa membuat ayam philipine lemas. Jadi ini adalah soal siapa yang berhasil memukul duluan.

MACAM2 BUAT PELAJARAN BOTO PEMULA
JAMU KAMLAN JOWO

1. Temulawak
2. Kunyit
3. Kencur
4. Jahe
5. Asam jawa
6. Gula merah /gula semut
7. Biji asam jawa
8. Biji kedawung
9. Kapulogo
10. Beras
cara membuat nya
A. Temulawak( 1kg ), Kunyit ( 0.7 kg ), Kencur ( 0.5 kg ), jahe ( 0.25 kg ). keempat jenis rimpang ini ditumbuk halus/parut peras airnya + dengan asam jawa ditambahkan air 250 cc .
B. Biji asam jawa yang telah dibuang kulit arinya ( buang yang warna coklat ambil isinya ). biji kedaung, kapulogo, beras … semuanya di tumbuk halus / blander .
Cara memasaknya;
1. Masak gula jawa/ gula semut sampai larut dengan api kecil .
2. Masukan point A diaduk hinggga mendidih dan kelihatan mengetal .
3. Setelah kelihatan agak mengental masukan point B,
4. Tambahkan minyak makan secukupnya supaya tidak lengket .
5. Siapkan wadah untuk penyimpanan .
6. Hasil akhir seperti dodol .
Cara memberikan per oral ke ayam kesayangan kita ( sebesar kelereng ):
1. Masa latihan………..........…... 2 x 1 hari.
2. Menjaga kesehatan…............. 1 x 1 hari.
3. Untuk pacek...………..........…. 2 x 1 minggu
JAMU N OBAT ALAMI PHETEK
OBAT AYAM N KAMLAN JAWA(MAKJUN SUPER TOP)
(BISA DIPAKAI  AYAM N BEBOTOHNYA,,BACA ATURAN PAKAI,KLO NGK AMPUH  NGK TANGGUNG JAWAB WAHAHAHA)
AYAM LUMPUH
Ayam lumpuh..tapi sekarang sudah agak mendingan...namun belum normal...jalannya masih gontai..tidak seperti semula, kalau tradisional,pake daun wiyono dan kapur sirih atau daun kemangi+ragi tape,dicampur lalu dilumuri ke kaki Ayam.Kalau obat,pake linucid di apotek ada,umbar lepas Ayamnya,1 biji(pagi&sore). coba digosok dengan minyak tawon yang asli buatan Ujungpandang (yg biasa dijual di toko2 hangatnya kurang meresap.. katanya ulfa) setiap sore sebelum dikandangkan. sekitar 1 minggu akan tampak hasilnya bila penyebabnya karena salah urat. bila di sendi antara kaki dan paha ada seperti luka, coba diolesi minyak tanah pada tempat tersebut, untuk mematikan tungau penyebab kelumpuhan. kasih air godokan serai juga bisa.
SAKIT MATA
Ayam saya matanya kalau pagi selalu ada tahinya, dan kalau siang sering dipejamkannya,. Coba anda amati mata Ayamnya kemungkinan ada cacing mata wujudnya seperti rambut tetapi warnanya putih agak bening, jika memang ada tetesi dengan tembakau maka cacingnya akan keluar. Jika tidak terdapat cacing coba tetesi dengan air Daun Katuk setiap hari menjelang mau tidur selama tiga hari. Daun katuk di hancurkan dan di peras hingga keluar airnya lalu di teteskan ke mata Ayam, rasanya akan perih. boleh juga pakai air daun sirih.
KOREP
Jika Ayam kesenangan anda terkena bercak putih pada wajahnya itu berarti Ayam anda terkena korep (java). Cara pengobatannya antara lain mandikan dengan air rebus daun sirih kemudian keringkan setelah itu oleskan obat salep kulitpadabagianyangterkenabercakputih. Selama pengobatan jangan di mandikan lagi dan kontrol setiap hari jika terdapat bercak baru oles kembali pada bagian tersebut. Selamat mencoba dan tolong info kembali setelah duaminggu. Jika ada rekan yang ingin memberi masukan silah
obat salep kulitnya untuk korep apa mas ya,korep itu muncul setelah beberapa hari Ayam disabung, untuk mencegah korep tidak muncul apa pencegahannya ya mas, karena korep pada Ayam saya bikin bulu dikepalanya rontok.
Pakailan saleb Albert T atau Nosip, oleskan sehari dua kali, tipis aja, cukup dua hari, seterusnya jangan kena air (jangan dimandikan), hari ke lima, cucilah atau dilap pakai kain yang dibasahi minyak goreng yang dicampur bubuk tetra chlor, Jangan terlalu basah. dalam 5 hari kemudian bulu baru sudah mulai tumbuh. Dalam 10 hari jangan sekali-kali kena air, jago tetap dijemur. Ini Fakta saya, bukan sekedar teory belaka. Ada yang lupa nih, Sebelum diolesi salep, bagian korep bulunya dicabuti semua, agar kulit terbuka kena sinar matahari. Jangan memakai salep kulit yang berbahan mengandung air, seperti canesten, daktarin, mikoral. Karena justru membikin subur korep, karena mengandung air. Pakailan yang berbahan veselin / minyak, seperti Albert, Nosip, 888 dan cap Anak Anjing. Oleskan tipis aja, kalau terlalu tebal kulit kebiru-biruan gosong.
klo resep boto tua pake perasan pare,minyak goreng bekas,garam,betametason/antibiotik digerus campur sma bhn(,panaskan bentar d wajan)  oleskan.
gampang aja masngobati korep... ksh minum obat neujoral/Omegzole dpt dicari di apotik, utk korep yg ringan ckp 1 butir saja, dan utk yg berat dpt diberikan 1 butir per 2 hr sekali, selam masa pengobatan aym jgn dimandikan selamat mencoba mas, jika ada hasil mohon dikabari...Obat Korep : Pake Alber-T. Ampuh, ga bikin lemas krn dioleskan di kulit.
TETELO
Ayam yang sudah terkena Tetelo dan sembuh tibak bisa di jadikan bibit karena virusnya tetap bersarang dan bisa menurun.
BERAK KAPUR
Ayam Berak Kapur siba di selamatkan dengan memberi anti biotik dan makan buah pisang,tomat, pepaya atau buah-buahan yang banyak mengandung air.
INFLUENSA
Ayam yang mengalami influensa di beri anti biotik dan minumnya di takar.
MATA BERAIR
Ayam yang mengalami mata berair, matanya diberi tetesan daun katuk atau jeruk nipis.
MATANYA ADA CACING
Jika Ayam matanya ada cacing harus di tetesi tembakau matanya sehingga cacing mati.
CACINGAN
Ayam cacingan diberi isi pinang muda yang sudah di bagi 3 lalu di celup di di minyak goreng dingin dan di makankan ke Ayam.
GANGGUAN TEMBOLOK
- Ayam yang mengalami gangguan tembolok jika baru satu malam maka di beri minum yang banyak dengan cara di masukkan air kemulutnya setelah itu di beri tomat.
KELUMPUHAN
Ayam yang mengalami kelumpuhan harus di jemur pagi hari selama 1 jam setiap hari dan lututnya di kompres air hangat sebelum di jemur setiap hari hingga berdiri kembali, air kompresan harus di campur Serai.
PANAS DALAM
-Ayam yang panas dalam di istirahatkan dan air minum di los. selama 2 hari.
SARIAWAN
-Jika Ayam terkena Sariawan harus di beri Vitamin B IPI dan air minum di los.
BULUNYA BERDIRI
Jika Ayam bulunya berdiri dan muka berwarna merah padah segera bawa kedokter hewan atau beri anti biotik 500mg dan air minum di los karena bawaan Ayam yang sudah minim antibiotik dosis tinggi haus.
NGOROK
Salam kenal juga Mas didik, maaf baru buka internet lagi karena sibuk, kalau saya Ayam ngorok dikasih jeruk nipis diperas ke asam gunung diaduk2 terus asam gunung diperas ke mulut Ayam pagi dan sore mudahan sembuh
FLU BURUNG
Jika terkena fluburung segera di musnahkan karena penularannya sangat cepat dan bisa menular pada manusia.
maafjenisrempah-rempahnyaapaaja? Ayam saya matanya berair terus sampai bengkak. tiap hari udah saya kasih obat tetes mata. tapi masi blm sembuh. mohonbantuannya. Itu gejala flu burung mas, cepat isolasi Ayam yang masih sehat dan beri makan pur saja, sedikit saja, agar Ayam banyak gerak. Usahakan jangan beli Ayam dari pasar/tempat yang gak jelas asalnya, sebaiknya beli dari peternak yang dijamin Ayamnya sehat. trims.
WASPADA PENYAKIT DIBAWAH INI
1. Radang usus (Quail enteritis)
Penyebab: bakteri anerobik yang membentuk spora dan menyerang usus, sehingga timbul pearadangan pada usus. Gejala: puyuh tampak lesu, mata tertutup, bulu kelihatan kusam, kotoran berair dan mengandung asam urat. Pengendalian: memperbaiki tata laksana pemeliharaan, serta memisashkan burung puyuh yang sehat dari yang telah terinfeksi.
2. Tetelo (NCD/New Castle Disease)
Gejala: puyuh sulit bernafas, batuk-batuk, bersin, timbul bunyi ngorok, lesu, mata ngantuk, sayap terkulai, kadang berdarah, tinja encer kehijauan yang spesifik adanya gejala "tortikolis", yaitu kepala memutar-mutar tidak menentu dan lumpuh. Pengendalian: (1) menjaga kebersihan lingkungan dan peralatan yang tercemar virus, binatang vektor penyakit tetelo, Ayam yang mati segera dibakar/dibuang; (2) pisahkan Ayam yang sakit, mencegah tamu masuk areal peternakan tanpa baju steril, serta melakukan vaksinasi NCD.
3. Berak putih (Pullorum)
Penyebab: Kuman Salmonella pullorum dan merupakan penyakit menular. Gejala: kotoran berwarna putih, nafsu makan hilang, sesak nafas, bulu-bulu mengkerut dan sayap lemah menggantung. Pengendalian: sama dengan pengendalian penyakit tetelo.
4. Berak darah (Coccidiosis)
Gejala: tinja berdarah dan mencret, nafsu makan kurang, sayap terkulasi, bulu kusam menggigil kedinginan. Pengendalian: (1) menjaga kebersihan lingkungaan, menjaga litter tetap kering; (2) dengan Tetra Chloine Capsule diberikan melalui mulut; Noxal, Trisula Zuco tablet dilarutkan dalam air minum atau sulfaqui moxaline, amprolium.
5. Cacar Unggas (Fowl Pox)
Penyebab: Poxvirus, menyerang bangsa unggas dari semua umur dan jenis kelamin. Gejala: imbulnya keropeng-keropeng pada kulit yang tidak berbulu, seperti pial, kaki, mulut dan farink yang apabila dilepaskan akan mengeluarkan darah. Pengendalian: vaksin dipteria dan mengisolasi kandang atau puyuh yang terinfeksi.
6. Quail Bronchitis
Penyebab: Quail bronchitis virus (adenovirus) yang bersifat sangat menular. Gejala: puyuh kelihatan lesu, bulu kusam, gemetar, sulit bernafas, batuk dan bersin, mata dan hidung kadang-kadang mengeluarkan lendir, kadang kepala dan leher agak terpuntir. Pengendalian: pemberian pakan yang bergizi dengan sanitasi yang memadai.
7. Aspergillosis
Penyebab: cendawan, Aspergillus fumigatus. Gejala: Puyuh mengalami gangguan pernafasan, mata terbentuk lapisan putih menyerupai keju, mengantuk, nafsu makan berkurang. Pengendalian: memperbaiki sanitasi kandang dan lingkungan sekitarnya.
8. Cacingan
Penyebab: sanitasi yang buruk. Gejala: puyuh tampak kurus, lesu dan lemah. Pengendalian: menjaga kebersihan kandang dan pemberian pakan yang terjaga kebersihannya.
CARA TRADISIONAL DLM PENGOBATAN AYAM ADUAN
1.AYAM TEDUN,BUATKAN LUBANG LALU ISI AIR,RENDAM KAKI AYAM TIAP HARI.
2.AYAM BUBUL,KAKI DIBERSIHKAN DULU/DISIKAT,HABIS ITU DIOLESI KAPUR CAMPUR KUNYIT.
3.AYAM MANIK,SETIAP MALAM DIKASIH MADU ASLI.
4.AYAM KURAPAN,OLESKAN BELIRANG ATAU PACE/KUDU.
5.AYAM KURAP DI KAKI,SIKAT PAKAI MINYAK TANAH,KEMUDIAN OLESKAN KAPUR+KUNYIT.
6.AYAM LUMPUH,DIBOBOKI DAUN KEMANGI DICAMPUR RAGI TAPE.
7.AYAM NGEMIL,DIOLESI KUNYIT+KAPUR.
8.AYAM KENA JALU,BERSIHKAN DGN AIR GARAM ATAU AIR SIRIH HANGAT,VETSIN/MICIN JUGA BISA,ATAU BUBUK ARANG.
9.AYAM PATUK LEPAS,OLESKAN BLIMBING WULUH,BAWANG PUTIH ATAU MENTEGA.
10.AYAM NGURAK,SETIAP PAGI MANDIKAN DGN AIR BERAS+BAWANG MERAH.
11.AYAM TIDAK KUAT NAPAS,SEBELUM TARUNG 3 HARI,DIMAKANKAN TELUR+LAOS YG DIJEMUR.
12.AYAM BANTAT,MAKANKAN TEMUKUNCI YG DIBAKAR.
13.AYAM NGOROK,DIKOROKI DGN MINYAK TANAH.
14.MEMENDEKKAN JALU,PISANG PANAS DITUSUKKAN KE JALU,KIRA2 20 DETIK LALU MULAI DIBENTUK ATAU LILIN MENYALA UTK MEMANASKAN JALU,HINGGA CEMPURINYA MASUK AGAR TDK BERDARAH!
15.MATA AYAM KEPUKUL,DITETESI AIR LOMBOK ATAU AIR SIRIH.
16.AYAM MENCRET/KOTORAN GAK KERAS,MALAM DIMINUMKAN AIR KUNYIT.
AYAM NGOROK
klo Ayam ngorok klo berkokok suaranya jadi kecil!!!tadinya Ayam matanya berair mlu,,dah sembuh matanya koq jadi ngorok!!! mas yento,berarti Ayam anda kepanasan!Dikasih rempah2 atau daging ya?Jangan overdosis,karena Ayam adalah binatang berdarah panas, boleh juga pakai air daun sirih. ini perkembangan Ayam saya yang sakit matanya, sakit belum berkurang sudah dikasih air tembakau dan air sirih dan sekarang hidungnya mimisan, Ayam saya itu sakitmatanya setelah dijajal (tarung) belum sempat sembuh diambil teman saya lagi ditarungkan lagi tambah parah , berarti kena pukul matanya.Tetesi aja dgn air cabe rawit,setelah itu tutup dgn plester dan tempatkan di tempat yg teduh,jgn kena sinar.
AYAM GAK MAU MAKAN
AYAM SAYA ADA YG MAKANNYA SEDIKIT AJA HINGGA KURUS BADANNYA.SUDAH KUberi OBAT CACING,VIT B KOMPLEKS DAN CURMAX,TAPI TETAP SEDIKT MAKANNYA.
Klu di diaknosas - kemungkinan Ayam anda terkena sariawan tandanya ada bercak putih di dalam mulutnya/ tenggorokannya. - Kemungkinan stres - Jika malas makannya di karenakan sehabis tarung kemungkinan Ayam anda mengalami luka dalam.
Saran saya di beri temu kunci dengan cara di suap seminggu sekali selama satu bulan dan biarkan Ayam sendiri di dalam kandang yang agak luas. Pemberian makan cukup satu kali sehari setiap jam 12 siang dan air minumnya di los. Demikian saran saya semoga bermanfaat. coba pemberian makannya jgn diberikan setiap saat kalau bisa ya sekali saja, mis: pada jam 12 pemberian makan kalau masih ada sisa ( tdk habis ) diangkat saja, mudah2aN nafsu makan Ayam anda akan bertambah kemudian kalau bisa buang cacing cukup dengan pinang muda diberikan pada pagi hari disaaat tembolok Ayam benar2 kosong dan diberikan minum yg agak byk, krn cacing tersebut akan keluar melalui kotoraan aym. kalau utk menggemukkan Ayam cukup diberi mkn jagung yg direndam semalam, dan kuning telur + madu seminggu 3x. dalam masa penyembuhan Ayam asal bisa jgn diberikan latihan, dan diletakkan ditempat yg teduh sampai benar2 bobotnya naik kembali baru latihan dpt dilanjutkan demikian sedikit saran dari saya mudah2an dapat bermanfaat. Thanks Untuk masalah Ayam susah makan, saya ada pengalaman, Pak ..Coba cari daun pepaya yang agak muda lalu ditumbuk, kalo bisa ditambah tempe busuk. Campuran itu diberikan (dilolohkan) ke Ayam ... saya makannya cuma sore aja klo Ayam di kandang saya rata-rata makan nya kuat semua g ada yg ngemil,nah kadang ada temen nitip Ayam ke saya yg makan nya sangat sedikit.....setelah saya kasih minyak ikan, 2 hari kemudian makan nya sangat lahap sekedar masukan aja nich mas Ayam yg makan nya sedikit mungkin faktor cacingan,klo udah dikasih obat cacing masih tetap dikit makannya....coba mas kasih MINYAK IKAN sesudah makan sore....memang sich minyak ikan untuk membantu pertumbuhan bulu bisa jg untuk merangsang selera makan selamat mencoba
kalau Ayam setelah ditren/diabar/bertarung kenapa ya malas makan, apakah dikasih makan seperti biasa? Ayam habis diadu biasanya susah makan, kalau mau itupun sedikit sekali. Itu dikarenakan leher / kerongkongan masih sakit dihajar saat tarung. Itu akan berjalan paling 2 hari, habis itu normal. Selama susah makan biasanya saya suapin nasi + pur, sedikit aja, yang penting terisi makanan. Hari ke tiga sudah normal makan sendiri.
AYAM KUTILAN
Penyakit seperti kutil di telapak kaki (butul dlm bhs. sunda) Ayam agak pincang,  penyakit Kutil yang di Kepala, soalnya bikin Ayam tampak tdk sehat, susah makan dan kadang2 juga dikelopak mata Ayam, mata Ayam jd terus berair dan kadang menutup mata....coba kutilnya dikelupas sampai keluar darahnya lalu dikasih mitialyn blue/obat biru(banyak ditoko2) untuk di daerah mata obat jangan sampai masuk mata ,bisa menyebabkan iritasi ,mata Ayam merah dan berair.setelah beberapa hari biasanya kutil akan kering.
PARUH AYAM COPOT PADA SAAT NGADU
Biar paruh Ayam cepat kering dan nyambung kembali? pengalaman dulu2 memang lama banget untuk menanti paruhnya kembali normal. Klu pengalaman saya biasanya di kompres air hangat pagi dan sore hari, setiap selesai kompres di olesi bawah putih yang sudah di hancurkan. Yayan Seaman
Oleskan aja minyak kuku kuda, itu bisa mempercepat pertumbuhan paruh Ayam juga kok. Kalo paruh copot jangan sampai di buang, tempelkan kembali sama putihnya telur, trus dihendiplas samping kiri-kanan satu malem, pagi dilihat kalo masi melekat biarin, soalnya kalo siang di tempilin , biasanya Ayam kan kipu atau kakinya garuk2 jadi bisa nglepasin paruh yang di tempel ,sampai kering. Pakai tensoplas yang untuk mbalut perban luka itu loo. kira dah kering tensoplas di lepas pelan2 terus diolesin bawang puih yang udah dilembut kan. itu pengalamn saya, Tapi harus hati2 supaya gak lepas .
SANG JAGOAN YG REWEL

kadang2 kita menemui Ayam aduan yg mempunyai kualitas baik dgn stamina yg tdk konsisten,botoh2 memberikan istilah JAGO REWEL,untuk jenis Ayam yg mempunyai kondisi naik turun.Sehingga dlm masa latihan tdk pernah mengalami kemajuan yg konsisten akibatnya kita tdk berani menurunkan ke kalangan.
Beberapa penyebab Ayam jadi rewel yaitu:
1.Ayam cacingan. 2.kemampuan metabolisme yg kurang baik. 3.over training 4.luka dalam akibat pukulan Ayam lain. Ayam akan makan jika kadar gula darah menurun dan pada Ayam rewel ini mungkin kemampuan menyimpan gula dalam bentuk glikogen dlm otot tdk baik sehingga Ayam kekurangan gizi.Ada kemungkinan kedua yaitu selera makan Ayam kurang baik hingga Ayam tdk mkn sesuai dgn kebutuhan tubuh. Untuk mengatasi ini,anda dapat memberikan campuran makanan 25% Par G dgn gabah/beras merah 75%.Air minum harus tetap tersedia.
Plus Minus penggunaan obat2an dan vitamin pada Ayam aduan
Agar Ayam tetap dlm kondisi sehat,pemberian vitamin secara teratur sangat dianjurkan.Vitamin bisa dicampur dgn air minum atau sesudah makan.Dosisnya tidak perlu berlebihan.Lebih baik sedikit,tetapi teratur karena pemakaian obat dlm jangka waktu lama dgn dosis yg terlalu banyak akan mengganggu pencernaan dan menimbulkan ketergantungan.Maka akan berpengaruh buruk pada mental maupun fisik Ayam. Ditandai dgn kerontokan bulu halus,nafsu makan berkurang dan Ayam cenderung liar.Efek lain adalah berat tubuh berangsur-angsur turun dan demam ringan.Akibatnya nafsu tarung turun. Maka lebih baik jika memberikan bahan-bahan alami saja,seperti empon-emponan.Selain sebagai antibiotik,dapat mengoptimalkan kemampuan sel tubuh Ayam.
BUBUL
Klu Ayam saya bubul biasanya saya kurung dan lantai dasarnya terbuat dari semen yang sudah licin mengkilat, lantai tersebut di basahi
pagi, siang dan sore. Pada saat Ayam mau tidur kaki yang bubul di bersihkan lagi dengan Obat Kompres "RIVANOL". Biasanya dalam tiga minggu bubul sudah hilang jika di lakukan terus menerus.atau klo bubule wes mateng(ireng2 mentil ono dodone wong wadon ehhh ono tlapak/jari kaki jago)caranya coba ambil paku dan dibakar pada kepalanya sampai membara setelah itu tempelkan kepala paku tersebut pada mata bubul/ bagian bulat hitam dan keras pada telapak kaki, tunggu sesaat sampai kaki ayam dihentakkan...ulangi sampai 2-3 kali tapi hati2 jangan sampai kena kulit kaki yang tidak ada bubulnya.....
Klu saya blh kasih saran, untuk mengobati ayam bubul :
1. Cuci kaki ayam dengan air sampe bersih 2. Bersihkan bubul dengan Alkohol 3. Tempel obat bubul / plaster bubul / obat racikan yg di kemas ky handiplas selama 3 hari jgn dilepas. Selama 2 minggu bubul akan lepas, sampe akar2 nya, saya sdh mencoba berulang ulang2
Belikan aja plester kapalen di toko obat cina pasti ada. sebungkus isi 6. kalo bisa setelah ditempel, jangan dibuka sampek 1 minggu, trus nanti bubulnya bisa rontok, dikasih lagi, rontok lagi. nanti kalo sembuh ya agak bolong gitu, tapi gak papa karena bubulnya sdh mati, cukup diberi betadina aja. ati2 jgn sampe diklintek karena kalo luka tapi sulit lagi mulai dari nol. kalo bisa sampe tuntas.tas.tas dan tas (katae marissa haque).
MANIK/MANIKKEN N PENYAKIT RONGGA MULUT
- Obatnya METRONIDAZOL. Beli di apotik versi generic saja. Cuma 2000 rupiah isi 10 tablet. Murah banget. Kasih 1/2 tablet aja pagi dan sore.
- Coba kasih vitacimin /ester c / vitamin dosis tinggi lainnya belah jadi empat kasihkan 1/4 tiap hari bungkus potongan vitamin pake daun pepaya ato singkong atau daun lainnya biar nggak nempel di tenggorokan + antibiotik ( Amoxan ).
-Ayam sariawan biasanya dikarnakan ayam panas dalam,untuk penyembuhan luar saya sering kasih albothil ditetes ke cattonbut trus di tempel ke sariawan,2/3hr biasa nya udah sembuh
untuk pengobatan dalam,ayam kasih adem sari/obat panas dalam dengan dosis yang di sesuaikan dengan umur ayam.
- kl setau sy itu krn aym adu mulut jg bs mengakibatkan kulit di dlm paruh, mengelupas! Bl obat ramuan cina nm nya obat poh! Crnya olesin obat poh di sekitar lk nya. Tgg kulitnya kering/ bks lk nya hilang. kl sdh kering br digebrak lg, kl blm kering jgn digebrak mas! Biasanya paruhnya ada yg patah, jd hati2 mas jgn anggap sepele penyakit. Mohon maaf kl ada kt2 yg slh sm kt2 sy yg lancang.
- Goham ini penyebab jamurnya juga sama dgn penyakit keputihan pada wanita. Jadi utk obatnya, bisa juga dipakai obat utk keputihan.
-Dari pengalaman pribadi, belikan Forinfec (obat kumur utk manusia). Cara pemakaian, tiap pagi tetesi (max 3 tetes) ke rongga mulut ayam, usahakan mengenai bintik2 putih (goham tsb). Kemudian tunggu 5 menit dan berikan minum si ayam. Lakukan pengobatan 2x sehari (pagi & sore), biasanya dalam 2 hari, bintik2 putih tsb akan rontok/hilang.
KEMIL(MULUT AYAM LUKA)
Memang sering terjadi luka dimulut pada saat ayam tarung, bahkan luka tersebut bisa menjadi ngemil luka bengkak besar kadang ada isi didalam setelah beberapa hari kalau tidak ditangani dengan baik. GOHAM/kemil salah satu masalah serius loh...
pada kasus sampe bengkak /parah ayam bisa istirahat 2-3 bulan, seperti mabung.
untuk pengobatan....dikasih antibiotik saja, jangan sekali2 dipegang atau dikorek2 bisa infeksi.pengalaman sy,selalu sediakan obat biru (gentian violet; harga Rp.2000,-;apotek) /obat sariawan setiap gebrak/ adu.oleskan obat biru pada luka di mulut /gogos dijamin tidak akan jadi goham/kemil.Obat KUNO yang manjur JKA DA KEMIL BISA PAKE Garam yang sudah dihaluskan(tepung garam) borehkan pada luka 1 at 2x buasanya luka akan kering dan tidak akan pernah bengkak atau Kemil.
KLO tu cak kemil da sembuh tapi abonya(bengkak)ngk kempes juga olesi rajin pake balsem 2 mggu aja kempes. jng di bedah...
NGOROK SUPER AKUT
(berlendir,bau,ngiler,muka bengkak)
1 : Bersihkan lendir di tenggorokan dengan bulu ayam,. sampai bersih.2. Beri obat toko (Bisa Tetrakhlor, anti snot)3. Bersihkan kandang4. jangan diumbar selama beberapa hari5. Jauhkan dari ayam yang lain6. Bila perlu (kalo sudah parah) beri bawang putih dan bawang merah 1 siung (dilembutkan dulu juga boleh), dan Kuyit 1 ruas jari.
lek luweh parak teko iku (jengger/pialnya sudah berwarna hitam/kebiru-biruan,... mata sudah berwarna merah darah,.. muka pucat-layu,...kotoran cair kekuningan berlendir,mls gerak,di sebut Fowl Cholera.jenengan kasih ERYSANBE 1x sehari pek sembuh.
klo wes parah banget,udah megap2,kepala da ditaruh,badan da selonjor kaki da ngk beraturan,mata merem,sekujur membiru,apalagi diem ngk ningalin wasiat atau tulis surat warisan berarti koit matek,,,tek,,tek shek shek innalillahi wainnaillaihi rojiun.
NDUGAL
Dugal adalah darah bercampur nanah yang menggumpal dan mengeras...jika dugal terjadi di kepala ayam, maka lebih mudah untuk mengatasinya, tetapi jika dugal terjadi pada dada ayam maka memang agak susah dan ayam juga biasanya menjadi kurus.....dugal ini muncul karena ketidak telitian kita merawat ayam pasca tarung, bekas luka taji atau pukulan yang berat jika tidak ditangani dengan benar sering menimbulkan dugal....
Coba dugal yang didada tersebut dikompres dengan air hangat setiap hari sambil diurut pelan2, tunggu sampai dugal agak mengecil dan bergerak ( dapat digeser2), kemudian belah sedikit kulit ayam untuk mengeluarkan dugal tersebut....berikan antibiotik dan vitamin pada ayam untuk mempercepat proses pemulihan...terkadang proses mengeluarkan dugal tidak bisa sekaligus jadi harus bertahap sampai kulit ayam benar2 menutup sendiri dan dugal didalamnya sudah kosong/habis...ada jg yg di sedot dg d sepet suntikan agar dugal kempes,cuma saran ae mas bro,coba olesi obat anti bengkak rutin(balsem/parem/sejenisnya)lihat 1 minggu perkembangannya...klo d oprasi kdng2 ninggalin cacat.
PHITIK LUMPUH/PINCANG/DEGLOK/DENGKLING
Obatnyapun bisa bermacam2. Thrombopop, balsam, rheumason, minyak lawang, arak, lihat karna urat,tlg retak,pkl/terpkl,gen lahir atau gmn?
saat ini coba balurkan arak keseluruh badan ayam dan minumkan tablet reumachyl + rifampicin....sementara kasi makan voer basah + minuman manis dan ayam banyak diumbar aja...ayam tidak perlu sering dipegang2 atau dimandikan,cokop kompres air keras ehh banyu anget,(klo ngk ada arak urut pke balsem/gpu/sjnisnya...klo pingin cepet mane yo diminumin metampiron 1x sehari+suntik dg neorobion injeksi biar vit.ONOK MANE BRO resep mertua klo ada ayam reto,udah cukup umur jln nya seok2,kali lemes loyo n muda keluar hihihi..biasanya bebotoh tua tu mengolesi kaki rata dg deplokan daun tapak liman lalu di balut daun serai(kaya bks luka dg perban),lalukan 5 hari aja udah bisa tegang lagi(maksutnya kuat n gak lemes),,,bagi bapak2 yg,,,,,,nya loyo n lemes letoy bisa pake cara tersebut,dibungkus daun serai wakkkkkkkkkk.
RESEP ARAK OBAT LUKA/ARAK MANDIIN AYAM
bisa di beli di cak warno langsung broo.................
asli buatan sinshe master perphitikan..................klo beli ada klo minta ngk ada,habis mas.......
(MANFAAT LAIN,KULIT MAKIN TEBEL,KLO KPL KENA JALU DRH NGK NETES,BADAN AYAM JADI BAGUS)
NGK PERCAYA,,,BUKTIKAN BELI DI CAK WARNO PRIGEN.

NYENGIT-AGAR JAGO AGRESIF N GALAK

menurut bebotoh lawas dikasih loloh jangkrik 2bj,daging wedus setengah jari,daging cicak(saat istirahatin ayam/ngotak2-3 hr sblm tanding) sekuku wes pasti bringas brutal,,,,klo habis tanding masih jahat bahkan ngebrak org di dinginin sama buah2ah
lain lg klo ada ayam yg suka uber orang,jahatnya kaya setan kesurupan.obate sering2 kasih wedokan,dimandiin subuh2,minumin dg mulut kita,semakin basin liur kita semakin baik,sore di elus2,kasih makan dg tangan,klo mlm minggu ajak jln2 pake sepeda motor ke pasar.

AGAR BULU MUDA LANCURAN CPT TUA N KUAT
rutin kasih minyak ikan,mandiin pake rebusan serai n jahe 1 minggu se x.

TAJI PATAH
mempercepat tumbuh taji ckp olesi blimbing wuluh rutin ,gosok dg bwn putih,klo mau kuat pangkal jalu dikoreki lalu di balur dg merteka agar tumbuh cpt n gede

OBAT MATA KEPILIS JALU/PUKUL
pake 3 tetes getah kelor,ampuh lagi pake geta miana china,trus lumat2 daun sirri dg mulut n tiupin pd mata ayam(anginnya saja),lalu plester.
minumin thiamphinicol kapsul/injeksi jika perlu.

KORENG/BENDEL
kutil air n bentol2 hitam kecoklatan(cacar ayam)Olesi metheline/obat biru sampai sembuh n jng kena air

 VAKSIN
Ayam kami tetap di vaksin secara berkala setiap 4-6 bulan sekali untuk Ayam dewasa. jika terdapat yang kecil atau masihmudainterfalnyalebihrapat. Kalau sudah ada yang terserang NCD (tetelo) biasanya di beri vaksin ND warnanya seperti susu agak bening dan harus di simpan pada suhu kulkas agar orgamismenya berfungsi baik. Tetapi ada juga yang berwarna bening.
Ada banyak jenis penyakit yang menyerang unggas dan setiap penyakit punya vaksin sendiri. Pemberian vaksin sebaiknya sejak Ayam kita berumur 1 minggu dan di lakukan secara berkala dan sesuai dosis. Vaksin adalah bibit penyakit yang sudah di lemahkan yang di suntikkan kedalam tubuh unggas atau Ayam kita dengan dosistertentusecaraperiodik. Pemberian vaksin yang di lakukan tidak secara berkala dan tidak sesuai dosis anjuran akan berdampak kurang baik terhadap Ayam kita bahkan vaksin tersebut akan bekerja sibaliknya menjadi toksin.
Mengapa pemberian vaksin di lakukan secara berkala dan sesuai dosis tujuannya adalah agar anti body pada unggas atau Ayam kita bekerja baik dan maksimal membasmi bibit penyakit sungguhan sesuai jenis vaksin yang di berikan.
Cara kerja Vaksin bermacam-macam yang bekerja secara menyeluruh untuk meningkatkan daya tahan tubuh unggas atau Ayam kita terhadap berbagai penyakit ada hanya untuk jenis penyakit tertentu. Misalnya, NCD yang Mas Pama atau poluler disebut Tetelo untuk menghindari jenis penyakit ini maka diberi vaksin ND,adajugavaksinantingorok/fludanlain-lain. Pemberian vaksin sebaiknya di lakukan pada kondisi yang aman misalnya, Ayam dalam kondisi sehat, kandang dalam kondisi bersih dan tidak ada Ayam yang terserang penyakit.
Jika dalam ternakan Mas Pama terdapat Ayam yang terserang NCD segera di kubur atau di bakar dan kandangnya di sterilisasi, untuk sementara waktu jangan di gunakan. Bakteri jenis ini dapat bertahan dalam induk inangnya seumur hidup apa bila yang terserang bisa sembuh. Bakteri ini bisa bertahan sampai 10 tahun dalam kondisi yang lembab.Mungkin ada yang ingin menambah atau koreksi silahkan....
mas tp Ayam ku dah telat vaksin skrng lg numbuh bulu dileher kira2 7blnan..saya mesti kasi vaksin pa ke Ayam ini?kmrn sodaranya mati kena flu n tembolokny ga habis2, mencret putih..tapi sdrny untung msi slamat..saya harus kasi vaksin jenis apa mesti kasi vaksin sama antibiotik..
Jangan sekali-kali memberi vaksin kepada Ayam jika kondisinya tidak fit karena vaksin sebenarnya adalah bibit penyatik yang di lemahkan. Jadi jika Ayam kita dalam kondisi tidak fit lalu di vaksin maka anti body Ayam tidak tidak bekerja dengan baik dan bisa berdampak sebaliknya terhadap Ayam kita. Jangan memberi vaksin dengan campuran atau kombinasi karena bisa berakibat fatal. Kami tidak menyarankan anda memberi vaksin dan anti biotik sekaligus.
III. MENDETEKSI KEDAHSYATAN PUKULAN AYAM
botoh2 punya patokan sendiri dlm menilai pukulan Ayam.kalau saya lebih suka Ayam yg tulang supitnya renggang,kaku,tebal dan besar.menurut pengalaman sy,biasanya pukul sakit dan gak ada habis daya pukulnya. Kalau Saya biasanya menilai Ayam bagus pukulannya adalah seperti yang pernah dikemukakan oleh pak Yayan Saeman sebelumnya, yaitu pada topik menggandeng lawan (kalau tdk salah).
Tetapi garis besarnya saya menilai Ayam bagus pukulannya bila:
- Supit yang rapat dan keras, pukulannya akan fokus. - kaki lebih pendek dari paha (paling tidak 3/4-nya). - Kaki dari dengkul ke bawah menyempit kemudian melebar lagi ke arah telapak kaki (istilahnya narrow leg). - Brutu besar dan rapat. - Kaki kering tetapi tetapi bulat rotan. - jari-jari lentik, panjang. - Ada sisik meliknya atau ubed, atau batu rante atau batu lapak. selanjudnya sama dengan yang pak Yayan kemukakan sebelumnya.sedikit menambahkan kalau saya melihat Ayam yg mempunyai pukulan yg dahyat :
- tulangan harus kasar - badan tebal dan berbentuk botol - badan yg panjang - pinggul yg agak besar - ekor tidak terlalu lemas dan kebanyakan ekor lidi - sayap yg lebar dan tebal kalau dihitung =/- 22 helai, - kaki yg kering merit dan padat dgn jari2 yg lentik - sisik kaki asal bisa beras tumpah - terdapat pecahan pas diujung jari tengah, kalau kiri dan kanan keduanya pecah akan semakin bagus
saya sekarang punya Ayam pukulan keras + jalu dan sangat mematikan menurut pengelihatan saya secara garis besar Ayam saya memiliki ciri-cri -tulangan kasar -badang panjang -supit agak renggang tapi sangat keras -kaki kering bulat (warnanya seperti nasi kering) -pinggul besar -ruas paha lebih panjang dari kaki -dibelakang jalu ada benjolan(sepatu)
IV. SISIK
Sisik pada Ayam ibarat sidik jari pada manusia karena sejak Ayam menetas hingga dewasa tidak akan berubah. Beda dengan bagian lain dari tubuh Ayam akan mengalami perubahan. Sisik pun menurut sebagian penghobi Ayam menggambarkan katuragan dan masa depan seekoranakAyam. Sisik pun akan mencerminkan karakter Ayam bersangkutan dan mitos yang berhubungan dengannya. Jika Pak Thomas ingin lebih jauh dan memahami hal tersebut, saat ini saya sedang menyusun buku tentang AyamLaga yang membahas secara mendalam segi teknis dan mitos yang di yakini oleh para botoh di Indonesia. Jika tak ada halangan akhir tahun ini buku tersebut sudah bisa di nikmati oleh para penghobi AyamLaga di Nusantara. Jika Pak thomas bisa melampirkan foto atau gambar sisik Ayam yang dimaksud itu lebih baik karena masukannya mengarah pada susunansisikbersangkutan. YayanSeamen.
saya darimalaysia dan merupakan penggemar hobisabungAyam ini.. saya ada mendengar tentang Ayam raja dan cuba mendapatkan infonya di malaysia tetapi tiada siapa yg tau.. oleh kerna pak yayan ada menyebut tetang yam raja ini.. boleh pak yayan huraikan sedikit tentang Ayam raja..maaf saya tidak berapa faham dengan keterangan pak yayan tentang Ayam raja.. jikalau boleh tolong huraikan supaya lebih jelas.. -Jika kaki lawan Telapak kaki tengah bersisi sebaiknya di hindari karena anda menghadapi raja Ayam yang sesungguhnya jarinya, Ayam jenis ini selalu menang dan Ayam ini di sebut sebagai Batu Lapak. (Raja Ayam). I'm sorry karena baru memjawab pertanyaan anda, Raja Ayam di tuduhkan kepada Ayam yang mempunyai sisi di telapak kaki bahagian tengah, jumlah sisik tersebut paling sedikit tiga susun. Letak sisik tersebut di bahagian tengah bukan di telapak jari kaki (baturante).
Ayam seperti ini dalam kasta Ayam mempunyai aura yang paling kuat, seperti halnya manusia yang jadi pemimpin mempunyai wibawa..
CIRI-CIRI AYAM JAGOAN
ciri-ciri khas bg Ayam yg rajin mukul lawan, apa pula ciri-ciri jagoan yang mampu memukul tanpa mengetip lawanbiasanya Ayam agresif,matanya kejam dan paruh bawah agak melengkung ke dalam.biasa Ayam yg mempunyai tipe tarung yg tempel pukul (cepat):
-badan bulat botol -badan tdk terlalu panjang -pinggang / pinggul tidak besar - model ekor kipas - paruh lurus tapi jgn terlalu panjang dan jgn pendek - model kepala kecil dan berbentuk pinang
V. NYALI
Salah satu contoh untuk mendeteksi nyali bisa dilihat dari jenggernya.
Hampir setiap Ayam jago memiliki jengger, namun jengger yang ada cukup bervariasi bentuknya, ada yang lebar, halus, kasar, bentuk bunga (mawar), nyumber dan lain sebagainya. Dari bentuk-bentuk yang ada dipercaya bentuk jengger yang blangkon (seperti topi jawa : red) memiliki mental yang cukup bagus.
Bentuk jengger blangkon ini memiliki ujung jengger yang bagian belakang lebih panjang dari yang menempel di kepala, namun sampai ujung masih kelihatan seolah-olah menempel di kepala. Tidak hanya itu, jengger blangkon yang dinilai memiliki mental yang bagus juga harus lentur, tidak kaku meskipun bentuk jenggernya besar. Tentang motifnya bisa rata atau berbentuk bunga tidak masalah, hanya saja kalau rata besar terkadang sulit dipatuk lawan sementara jengger yang kecil atau berbentuk bunga lebih mudah diambil lawan.
Ayam yang memiliki jengger blangkon kebanyakan tidak mudah menyerah, meskipun sudah terluka parah. Bahkan sering kali meskipun sudah tidak berdaya masih diam tidak mau menyerah (keok). Tentu saja Ayam yang demikian sangat bagus jika diimbangi dengan tehnik dan pukulan yang istimewa. Kelenturan jengger ini juga menjadi acuan untuk memilih Ayam aduan, kebanyakan jengger lentur dan halus memiliki keberanian yang luar biasa, selain itu juga tidak mudah terluka baik akibat patukan, pukulan maupun jalu. Bahkan kalaupun sempat berdarah jengger yang lentur biasanya lebih cepat berhenti dibanding dengan jengger yang keras.Berbeda dengan jengger yang bagian belakang yang langsung tegak lurus dengan bagian jengger yang menempel di kepala, biasanya mentalnya sangat jelek. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan saat turun di kalangan, bisa saja pukulan tidak terlalu telak, namun sudah merasa kesakitan sehingga membuatnya cepat kabur. Bentuk Ayam yang demikian sering membuat kecewa pemiliknya, kadang bisa saja saat itu Ayam masih kondisi unggul, karena memang memiliki tehnik dan pukulan yang bagus. Seperti yang dialami Yono saat turun di Lamongan, Ayam andalanya sempat unggul telon (3 : 1), bahkan pada air pertama pukulanya sempat membuat goyah lawanya hingga3kali. Menginjak air (baca : ronde) kedua Ayam masih unggul, tetapi begitu kena jiling (pukulan sakit) sekali saja langsung merasa kesakitan, hingga lupa ingatan. Melihat Ayamnya sudah kelihatan tak berdaya, lantas Yono mengambilnya dan akhirnyadinyatakankalahTKO. Seandainya Ayam tersebut memiliki mental yang bagus, tentu pukulan yang disarangkan tersebut tidak dirasakan dan akan tetap bertahan, sehingga justru masih ada perlawanan. Mengingat secara tehnik dan pukulan masih unggul, bisa-bisa berbalik memenangkan pertarungan.
VI. PERSIAPAN AYAM ADUAN UNTUK TARUNG

PERSIAPAN AIR AYAM MAU ADU
Ronde 1 ada moment penting bagi Ayam aduan untuk menentukan kemenangan.Pada saat stamina Ayam tsb masih good form,maka Ayam dpt memukul sekuat tenaga dan akurat.Maka dlm membasahi sebelum ronde 1,harus dilakukan dgn Becik/baik.Ayam jangan terlalu basah,dan peresapan air harus pada bagian tubuh tertentu serta pengompresan yg continue.
Harusdiingatjuga,Ayamberjalu danpolosberbedaprinsipbasahinnya. Tidakbisadisamakan. Ayam jalu butuh kecepatan pukul, maka jangant erlalu basah biarkaki/jalucepatnaik. Kalau terlalubasah, terlambat 'bukaurat', bisakecolonganjaluduluan... Ayam polos butuh stamina utk pertarungan yg lebih lama. Maka mandiin agak lebih basah. Kalau kurang basah, meskipun kaki langsung 'naik', stamina/napas cepat habis. Bisa kedodoran di ronde berikutnya.kalo Ayam jalu karena diperlukan kelincahan dan kecepatan penyelesaian, maka pembasahan di leher dan bawah syap jgn terlalu banyak, sebaiknya lebih ke daerah bawah badan. kalo Ayam lepek agak lebih basah di leher, tapi jgn terlalu basah karena akan pengaruh ke solah Ayam (bisa solah bawah kalo basah sekali), utamakan pembasahan di daerah belakang/pangkal ekor atas dan bawah) karena Ayam lepek akan bertarung lebih lama, jadi harus pandai jgn sampe Ayam kobong/kehabisan napas Di antara binatang lain, Ayam memiliki keunikan dalam pertarungan. Dua ekor Ayam yang berhadapan, tidak serta merta berkelahi begitu saja. Ada tiga tahap dalam pertarungan Ayam, yaitu: tahap penjajagan (abar), tahap pertarungan, dan tahap penyelesaian.

MELATIH AYAM SIAP ADU
Ayam Bangkok akan menjadi nyata ketika seekor Ayam sudah bisa bertarung dan menang dalam suatu situasi yang di sepakati bersama antara pemilik satu dengan yang lain. Jika membahas tentang pelatihan Ayam Bangkok maka dapat di golongkan dalam dua katagori:
1. Ayam yang Sudah Dewasa (1-1,5tahun) Ayam yang sudah desawa mulai di latih sejak masih remaja (8 bulanan) misalnya:
- di jemur setiap pagi dari jam 7.30-8.30 tujuannya mengatur sikulasi darah dan melatih Ayam dalam kondisi panas sehingga pada akhirnya nafas dan metabolismenya lebih teratur. Ini adalah pola dasar yang wajib sifatnya proses ini di ekipalenkan pada saat Ayam sedang bertarung di mana suhu tubuhnya akan naik hinggal 2x lipat karena Ayam di katagorikan jenis hewan berdarah panas.
- Mulai di abar/ sparing dengan usianya sama atau tidak jauh berbeda, jangan pernah melatih dengan Ayam yang sudah turun arena kita Ayam belum mempunyai urat/ otot.
- Pola makan harus di perhatikan karena jika tidak sesuai Ayam bisa rusak sebelum bertempur di arena. Kondisi ini sesring terjadi pada Ayam pemula akibat kecerobohan pemiliknya.
- Kuning telur di tambah madu adalah minuman wajib bagi Ayam pada masa latihan minimal 2x seminggu.
- Sparing sekali dalam 2 minggu selama 2x15 menit pada usia 10 bulan
- Pada usia 1 tahun sudah harus menang minimal satu kali dengan kemenangan di bawah ronde.
- Dan pada saat Ayam memasuki usia 1,4 tahun Ayam sudah menag 3 kali pada saat ini Ayam memasuki masa istirahat dan akan mulai ganti bulu.
2. Ayam yang Sudah Ganti Bulu/ Ngurak.
- Ayam yang sudah ganti bulu Organ tubuhnya semakin sempurna, tulangnya semakin masif, mentalnya semakin matang, hanya kekurangannya urat/ ototnya harus di entuk lagi dengan latihan bertahap. Kelebihan Ayam yang sudah ngurak adala lebih cepat membentukan ototnya, pukulannya kebih tembus (mempunyai tenaga dalam) pada Ayam tertentu dengan pola latihan tertentu, daya terima pukulan/ pertahanannya lebih baik.
- Secara garis besar proses latihannya sama dengan Ayam yang baru di latih hingga menjadi petarung yang tangguh dan tak terkalahkan.
- Masih banyak lagi pembahasan dan pola berbeda tergantung, teknik pukulan karakter Ayam yang di tangani/ di miliki misalnya;
- Renang, Jantur, Bandul, Muter, Pale, Push up, Regangan sayap, Otot Dorong, Otot pukul, otot adu leher dll, semua itu dalah pola-pola latihan yang sering di terapkan para Bobotoh dalam dunia pertarungan Ayam sesuai Ayam yang di tanganinya. Semoga membantu bagi rekan penghobi.


MENUMBUHKAN KEMBALI TAJI YANG PATAH
Jalu patah bisa terjadi saat di abar
Taji Ayam pempunyai 2 lapisan. Lapisan luar adalah tulang, bersifat keras sedangkan bagian dalam lunak.Mulai Ayam kecil, taji Ayam terus mengalami pertumbuhan hingga yam dewasa. secara alami taji digunakan untuk memeukul lawan atau memukul benda keras yang dirasa membahayakan Ayam. Jika taji patah maka bagian dalam akan mengering dan terkadang tidak bisa tumbuh lagi.Bagaimana jika terjadi taji Ayam kesayangan patah, maka buatlah ramuan yang terdiri dari campuran serbuk tempurung dan madu.selanjutnya oleskan pada taji yang patah. patahan tidak akan mengering dan memungkinkan untuk tumbuh lagi.Taji Ayam sejenis dengan bulu landak juga sirip ikan. Secara normal tumbuh pada kaki bagian belakang diatas jari kecil Ayam yang menghadap kebelakang.Ada Ayam yang istimewa karena memiliki taji di 1 kaki.
MERAWAT TAJI SEBAGAI SENJATA
Perwatan taji yang bisa dilakukan adalah mengusapnya dengan kunyit,” kunyit dapat membuat taji padat,kuat dan halus, dengan pemberian kunyit warna taji semakin mantap , selain itu pemilik juga harus mampu merawatnya memekai ampelas yang paling halus. sebelum di mapelas, taji tersebut dapat diruncingkan dengan silet atau pisau, bentuknya dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan, seperti taji lutus dengan ujung runcing atau taji melengkubng dengan ujung runcing setelah itu baru diampelas pelan-pelan. pengampelasan jiga harus dilakukan secara periodik, karena taji dapat tumbuh dan kondisinya kadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, karena itu pengasahan taji harus selalu diperhatikan. Strategi yang juga harus diperhatikan dalam menghadapi Ayam petarung lain yang juga bertaji adalah harus dilakukan pengamatan bentuk taji, jika bentuk dan ukurannya sama kita tinggal mempertajam atau memperuncing taji.”setelahAyam dibandingkan dan sepadan dengan Ayam lawan, tidak langsung tinggal diam, menjelang sabung terlebih dahulu taji Ayam diasah dahulu dengan ampelas, untuk memastikan ketajamannya, baru setelah itu kakinya dibasuh dengan air dan dikeringkan dengan kain, jangan lupa jiga harus memberinya makan seggengam nasi, sebagai syarat saja.
MENJEMUR AYAM
Seberapa lama dan rutinitas kita dlm menjemur Ayam.Tiap2 botoh mempunyai perlakuan yg berbeda dlm menjemur Ayam.Dari tingkat kebasahan dan waktu menjemur Ayam.Semua mempunyai maksud yg sama,agar Ayam jadi sehat dan merah.
Kebanyakan org beranggapan menjemur Ayam untuk:
1.Melatih pernapasan Ayam,semakin tahan Ayam dijemur semakin kuat napas Ayam.Padahal ini salah!Perlakuan ini akan merusak metabolisme Ayam,karena Ayam hewan berdarah panas dan tidak seperti manusia dpt berkeringat untuk proses pendinginan. 2.Menghilangkan perlemakan.Hal ini tidak 100% benar,karena semakin enteng Ayam,maka tenaga dan stamina akan berkurang untuk pertarungan yg memakan 5 ronde.Kecuali Ayam anda tarungkan untuk tarung pisau. Padahal tujuan menjemur Ayam adalah:
1.Mengeringkan bulu yg basah sehingga Ayam tidak kedinginan. 2.Sinar matahari pagi untuk proses vitamin D.
3.Memerahkan kulit Ayam dan menyehatkan Ayam. 4.Mencegah kutu. Jadi menjemur Ayam cukup seperlunya,karena kemenangan ditentukan bukan lewat jemuran!
PENGARUH PIJATAN/PALE PADA AYAM ADUAN
sudah lama ingin kutanyakan masalah ini,minta pendapatnya ya!SEBERAPA PENTING PIJATAN/PALE PADA AYAM ADUAN?
Menurut saya pijatan cukup penting untuk daerah sayap, dada, paha, kaki, leher dan muka gunanya untuk melenturkan dan mengencangkan otot pada bagian tersebut untuk mengantisipasi pukulan lawan pada bagian ini. Pale dapat menambah kecepatan dan keseimbangan.Saya pikir anda dan rombongan anda bisa jadi benar dan tidak ada yang perlu di koreksi atau di luruskan... Sebab semua yang kita utaran di forum ini adalah pengalaman dan bukan Pakem atau teori konstan. Jadi pandangan berdasar pengalaman bisa saja berbeda dari teori yang sama. Urut yang saya maksud disini bukan mengurut dengan jari-jari tetapi dengan lengan, kepala Ayam tidak di pegang tetapi di di putar kekiri dan kanan dengan menggunakan lengan jadi otot yang terbentuk lebih lentur dan tidak kaku. Tetapi semua Ayam jika terpukul berat pada bagian leher biasanya efek yang timbul akan seperti itu dan bukan karena metode urutnya, justru dengan mengurut akan membentuk otot pada leher sebagai tameng dari pukulan lawan. Menurut saya begitu... bos !
Latihan bawah.
Ayam gaya main kontrol diatas terus, latihan apa yg cocok untuk diterapkan?
Gaya tarung Ayam anda tergolong jenis atas murni biasanya jenis ini kesulitan pukul bawah terutama jika menghadapi Ayam gaya selam yang rapat kedasar dan masuk dari arah depan. Untuk itu cara mengantisipasi kesulitannya mungkin latihan yang perlu di berikan adalah;
1. Pada saat memberi makan tempat makannya tidak lebih tinggi dari temboloknya.
- Akan Lebih baik jika saat memberi makan, tempat makanannya di gerakkan ke kiri dan ke kanan dengan ketinggian dari dasar +- 1.5cm. Ini pun harus di ikuti irama langkah kaki Ayam menyilang ke kiri kemudian ke kanan. (satu langkah silang kekiri dan satu langkah silang ke kanan) dan seterusnya. sesekali di putar mengitari tubuh Ayam layaknya gerakan kepala Ayam lawan dan sesekali gerakan maju dan mundur di antara kaki Ayam. Latihan ini di lakukan pada saat Ayam dalam kondisi lapar dan temponya sekitar 15 menit saja, jangan terlalu lama nanti selera Ayam akan terganggu. Manfaatnya untuk melatih otot tengkuk pada Ayam kita.
2. latihan leher di atas tergeran yang berayun. Gunanya agar Ayam pada saat melepaskan pukulan bawah tidak ragu-ragu dan setelah melepaskan pukulan Ayam sudah pada posisi siap kembali, tidak jatuh. Karena kadang Ayam kita pada saat melepaskan pukulan bawah sudut pukulan sangat sempit dan berakibat jatuh atau salah posisi pada saat berdiri.
Latihan ini di lakukan dengan gerakan sempurna secara perlahan dan di naikkan temponya secara bertahap setiap hari pada saat Ayam kita akan di beri makan. Jangan khawatir gaya atasnya akan hilang.
Demikian saran saya, semoga bermanfaat. Jika ada rekan yang ingin menambahkan silahkan. Selamat mencoba. Thanks and Regards, Yayan Seamen.
MENGUATKAN PUKULAN AYAM
Ayam saya ini jenis lepek(jalunya hanya sebesar biji jagung) dan bobot pukulannya tidak begitu keras, namun Ayam saya ini cukup rajin, yg ingin saya tanyakan gimana ya mas yayan supaya bobot pukulan Ayam saya dapat ditingkatkan?Latihan renang dan pada kedua kakinya di beri pemberat masing-masing 1,5 ons.Sebelum berenang Ayam di beri gula merah sebesar satu ruas ibru jari sebanyak tiga potong agar Ayam tidak terlalu dingin. Pada saat berenang ayam jangan di lepas tetapi ekornya tetap di pegang. lakukan selama 20 menit setiap 3 minggu sekali. Tetap di beri telur minimal 2 hari sekali KALAU AKU PAKAI TREADMILL UNTUK MELATIH STAMINA AYAM.ITU SUDAH TERBUKTI,AYAM2KU TOP FORM TERUS DENGAN ASUPAN GIZI DAN JAMU YG CUKUP
PERAWATAN PASCA TARUNG AYAM ADUAN
Ayam akan mengalami kelelahan luar biasa setelah bertarung dlm waktu yg cukup lama,atau bertarung dgn musuh yg sama kuat.Bila perawatan pasca tarung diabaikan,bisa berakibat buruk thd Ayam tsb.Umumnya kelumpuhan dan badan menjadi kurus kering,hingga ada istilah AYAM SOAK,akibatnya mental Ayam bisa rusak. Maka ada beberapa tahap dlm menangani Ayam setelah bertarung:
1.PERAWATAN LANGSUNG SETELAH TARUNG
teteskan langsung cairan antibiotik pada luka,pemberian obat luka seperti larutan Iodium yg membakar kulit akan meninggalkan bekas keropeng,yg membutuhkan lama untuk mengelupas.Suntik juga Ayam. Hentikan semua pendarahan,biasa dipakai bubuk kopi.Usahakan dijahit jika ada pembuluh darah yg bocor atau putus.Teteskan cairan antibiotik yg tidak mengandung iodium,agar tidak meninggalkan bekas keropeng. Bila paruh terlepas,usahakan pasang kembali dgn cara mengikat paruh dgn benang ke jengger.Bila paruh tdk dipasang kembali,akan mengakibatkan cacat setelah sembuh,Ayam akan kesulitan mematuk. Berikan gula merah untuk digunakan sebagai sumber karbohidrat yg mudah diserap Ayam.Setelah dibawa pulang,sebaiknya Ayam ditempatkan agak menyendiri.Jangan terlalu dekat dgn jago lain.Setelah mau makan anda bisa mengumpulkan dgn Ayam betina untuk membangkitkan semangat/naluri kejagoannya.
2.SEHARI SETELAH TARUNG DAN BERIKUTNYA
Umumnya Ayam tdk mau mkn setelah mengalami kelelahan yg amat sangat,berikan susu cair dgn cara pemberian langsung ke dalam tembolok dgn menggunakan suntikan ukuran besar yg ujung dikasih selang.Bila Ayam tdk mau makan,jgn terlalu memaksa dgn cara meloloh pada hari pertama hingga hari ketiga.Pada tahap ini usahakan pemberian karbohidrat dan protein yg mudah dicerna,karena pencernaan Ayam masih blm optimal. Hari keempat boleh berikan sedikit pakan Ayam pabrik dicampur susu cair.Jika terlanjur dikasih makanan yg keras hingga tembolok tdk turun/pengerasan tembolok,makan dpt diberikan obat pembantu pencernaan yg banyak dijual bebas di apotik.Jangan memberikan makanan yg keras,berikan lagi gula merah dan susu serta vitamin mineral.Jangan lupa air minum harus tersedia setiap saat.
3.LATIHAN SETELAH SEMBUH
Minimal 2 minggu setelah bertarung anda boleh melatih lagi Ayam anda jika menang dlm waktu singkat.Lakukan latihan sparring kurang
10 menit.Usahakan Ayam mendapat istirahat cukup dan asupan gizi yg cukup.Jgn terburu nafsu menarungkan kembali Ayam anda.Bila kondisi Ayam blm TOP FORM,akan mempengaruhi mental si Ayam sehingga bisa lari sendiri pada saat bertarung atau teknik tarung yg berubah.
PROBLEM OTOT AYAM ADUAN
Akibat perlemakan yg berlebihan pada Ayam aduan,mk Ayam akan kesulitan memukul dan bernapas dlm bertarung dan berlatih.Ayam akan jd bantat bila lemak berlebihan pada otot dada Ayam.Deposisi atau penimbunan lemak bisa terjadi secara 3 macam pd Ayam.Pertama deposisi pada rongga perut,kedua deposisi pd dlm otot dan ketiga deposisi diantara otot.Pada kasus ini Ayam cenderung gemuk,ingat para petinju akan megalami kesulitan
bergerak bila berat badan naik lebih dr 5% dr berat ideal tubuhnya. Bentuk lain dr penyimpangan otot adalah otot yg kaku karena salah melatih Ayam aduan.Umumnya kesalahan ini akibat melatih Ayam dgn beban dan pijatan/pale yg berlebihan pd Ayam.Kedua penyimpangan bentuk otot ini akan mengakibatkan Ayam tdk dpt memperlihatkan kebolehannya pd saat pertarungan terutama pada saat Ayam mendapat sudut ruang pukul yg agak sulit.Biasanya Ayam akan memukul dgn baik jika mendapat kesempatan dr depan dgn jarak renggang yg baik.Selain itu otot dada yg berkembang berlebihan atau kaku akibat penimbunan lemak akan menghambat Ayam utk memukul dan bergerak,walaupun mempunyai otot kaki yg lentur.
Pada Ayam aduan porsi dan type makanan sangat berperan penting dlm membentuk otot yg ideal.Bila Ayam terlalu gemuk,usahakan mengurangi jatah makan sehingga tidak ada sisa karbohidrat yg berlebihan di dalam tubuh hingga tersimpan menjadi lemak.Penjatahan makan harus hati2,karena
Ayam dgn berat dan latihan yg berbeda sudah barang tentu butuk jumlah makanan yg berbeda pula. Penjemuran Ayam yg berlebihan akan merusak metabolisme Ayam.Ayam menjadi kurus dan dehidrasi,sehingga merusak stamina Ayam. Pendekatan kedua untuk memperbaiki tekstur otot setelah diet yg ketat adalah menjantur Ayam pd permukaan yg licin dan keras.Usahakan Ayam terbang dan lari dlm waktu yg tidak terlalu lama,kira2 20 detik.Latihan lari mengitari babon dlm kurungan dan menyuruh Ayam kipu adalah salah satu cara menjaga kelenturan otot Ayam aduan. Memakankan temukunci yg dibakar pada Ayam dpt membantu mengurangi kebantatan Ayam aduan.
MENGUATKAN TUNGKAI KAKI
AyamLaga kita pada saat bertarung tak jarang mengalami cidera pada bagian kaki, misalnya patah jalu atau tedun rambat (flek merah)
pada sisik tungkai kaki. Hal ini dapat di minimalisir dengan cara: Mengurut tungkai kaki dengan menggunakan jari tangan dan minyak gosok (Cap tawon) ini sangat efektif dan sudah terbukti. Ayam dalam pertarungan panjang tungkai kakinya akan tetap aman. Mengurut tungkai kaki akan menguatkan lapisan jaringan pada sisik kaki. Bagian yang perlu di perhatikan adalah tungkai dalam (sisi dalam) karena bagian ini paling sering berbenturan kemudian Jari di bawah jalu (Jari belakang) dan bidang antara jari belakang dan jari dalam. Bagian ini adalah pemukul terhadap lawan dan tak jarang mengalami cidera setalah bertarung dalam ronde panjang apa lagi jika sang Ayam mempunyai pukulan keras. Lakukanlah perawatan (mengurut) ini setiap hari pada sore hari. Agar Ayam kesayangan anda terhindar dari resiko cidera.

MENGERASKAN TULANG AYAM
Kalu dari dalam harus sejak kecil secara terus menerus di beri kalsium tablet misalnya calact tetapi seminggu sekali atau paling dekat jaraknya setiap 4 hari. Maka tulangnya akan keras seperti besi. hasilnya pukulan akan lebih tembus.
MERAWAT AYAM LANCURAN SEBELUM TERJUN KE KALANGAN
Ayam jantan mulai dewasa setelah umur 6 bln,pada masa ini sperma sudah mulai terbentuk dan mulai mengejar dan ingin mengawini Ayam betina.Proses pertumbuhan badan berhenti setelah 10 bulan,ketika semua bulu di leher sudah tumbuh tuntas.Pemberian pakan yg optimal pada masa akhir pertumbuhan ini sangat penting,dan sangat berpengaruh thd kualitas tulang antara lain bentuk,ketebalan,kekuatan dan panjang tulang yg optimal.Pakan ideal pada saat itu adalah pakan yg kadar protein 14% dgn tambahan mineral.Bila Ayam muda sudah diberi gabah,beras merah atau jagung maka pertumbuhan tidak akan optimal. Setelah Ayam mulai dewasa akan terjadi pertarungan dlm kelompok untuk memperebutkan posisi ketua/leader of peck yg akan menguasai seluruh babon.Hati2 pada masa ini,jgn sampai Ayam rusak akibat pertarungan.Pisah segera jika terjadi pertarungan. Setelah Ayam berumur sembilan bulan atau setelah bulu tumbuh tuntas,anda dapat mengurungnya secara terpisah.Rubah pakan menjadi gabah,beras merah atau jagung.Mulai mandikan Ayam dan jemur dlm waktu singkat.Setelah 2 minggu baru mandikan dgn air kapur sirih untuk menghilangkan minyak di bulu Ayam.Bila minyak hilang dr bulu Ayam maka air mudah meresap dan mudah menguap jika suhu tubuh meningkat sehingga Ayam tidak merasa kepanasan.Beberapa hal penting yg hrs diperhatikan pada waktu memandikan Ayam dgn air kapur sirih,pertama gunakan air kapur sirih yg sudah diendapkan/telah menjadi jernih dan kedua,jgn sampai sayap terkena air kapur sirih. Setelah lemak pada bulu hilang,kita dapat menghilangkan lemak yg berada di kulit dgn air rebusan jahe dan serai.Mandikan secara rutin agar kulit lebih kencang dan tebal serta mengurangi serangan serangga pada malam hari.Selain itu air rebusan tsb berguna mempercepat penyembuhan memar Ayam pada saat dilatih abar. Jangan terburu-buru mencoba dgn Ayam tua/jdi,karena dpt merusak Ayam muda.Kalau bisa sama2 muda hingga beban pukulan tidak terlalu berat dan Ayam tdk frustasi di tumpang gulu/adu otot.Cukup 10 menit utk abaran pertama dan istirahat yg cukup/kira2 2 minggu.Jgn lupa asupan jamu agar Ayam berstamina/jgn over dosis krn dpt merusak metabolisme Ayam.Perhatikan juga berat ideal si Ayam,jika tdk sesuai,maka lebih baik jgn dilatih fisik atai diabar dulu. Jika memiliki Ayam lancuran yg istimewa,masa perawatan ini hrs diperhatikan atau anda akan mendapati Ayam anda berubah 180 derajat/rusak.
pesan moral dari cak warno
jangan menyia2kan ayam anda,sayangi rawat n didik dg baik

kadang kita temui ada org yg ngerawat ayam dg kasar,ditendang,ditampari,klo kalah di adu lsg di angkat n dibanting ketanah,klo lagi
ngelatih omongnya ngawur n jorok2(misui/ngata2in dg kata kotor,ngabar/test ngk ukuran sampek ayam sekarat
nah perlakuan demikian ngk jadiin tmb bagus ayam kita mlh rusak tu ayam ngk prikehewanan n terkesan arogan
memang ayam kodrat perbawah lahirnya gemar bertarung,tapi sebagai pemilik sekaligus perawat juga hrs perhatikan kesantunan dlm tindakan n kedisiplinan dlm pelatihan.klo dibalik si ayam(jeragannya)kita(petarungnya)diperlakukan kaya gitu yoo opo dolor....
kata org2 tua yg mantan boto phitik kawakan MERAWAT AYAM ITU SAMA JUGA NGELMU ROSO
klo kuat bisa melatih KESABARAN N KEDISIPLINAN
yg ngk kuat akan termakan KEKAWATIRAN N EMOSIONAL
kata konco2 dikampung saya(prigen-tretes)PHETEK KLAH E YO KARO PHETEK,SENG DI EDU PHITIK E DUDUK UWONGE,,,
SENG PENTING ISO HEPI ATUK HIBURAN CEK GAK STREEESSSS,maksutnya biar ayam yg bertarung org2nya tetap santun bersahabat,
sama2 salurin hobby cari senang biar ngk seteressssss.
maaf pak cik klo awak salah2 cakap maklum baru plg dr malaysia gang 6 watuadem.

BODYNYA ATAU KEDAHSYATAN PUKULANNYA YG THEK-SEK
Apa yg penting menjadi patokan botoh2 dlm mengukur kemampuan Ayam dlm bertarung.Setiap botoh akan mempunyai ukuran yg beraneka ragam dan berbeda-beda. Wiring kuning,warna merah hitam,maka kelihatan kejam,sisik kaki dan bentuk kaki tertentu.Ada yg ukuran kaki yg tumpuk,pegangan yg pas dan seperti megang bebek,dan banyak lagi patokan mereka dalam memilih jawara.Semua ini berdasarkan pengalaman botoh2 yg telah melahirkan juara2 yg selama ini diyakini mempunyai kekuatan dan pukul.Namun pukul sendiri memang belum memberikan patokan yg pasti,seberapa akurasi dan frekuensi pukulnya dan seberapa tahan napasnya utk memelihara stamina dari ronde ke ronde.Percuma Ayam punya pukul bagus tapi pukulnya tidak bidik atau Ayam pukul bagus tapi stamina gampang down.Yang kita mau khan Ayam harus menyelesaikan musuh dengan cepat/TKO. Hingga bisa kita ambil kesimpulan bahwa Ayam aduan utk menang harus punya "akurasi pukulan yg bidik dan stamina yg baik".Akurasi pukulan pada Ayam dipengaruhi dua faktor penting,pertama perbandingan ideal tulang kaki,faktor kedua adalah otot yg berperan penting dlm menentukan arah,kecepatan dan kekuatan pukul.Untuk mendapatkan akurasi pukulan yg baik,otot harus kuat,liat dan lentur/type otot yg tidak berkembang berlebihan seperti otot yg dimiliki pemain bulu tangkis atau petinju kelas ringan. Stamina Ayam aduan tergantung 3 hal penting,yaitu Kadar Hb darah,kemampuan kerja jantung dan paru-paru.Untuk membuat kadar Hb darah Ayam tinggi,Ayam hrs mendapatkan nutrisi yg cukup,selain protein,vitamin dan mineral yg sangat berperan untuk pembentukan darah baru.Untuk menjaga kerja jantung dan paru-paru tetap baik maka Ayam hrs mendapatkan latihan yg cukup karena stamina turun dlm beberapa hari tanpa latihan rutin.

HARI-HARI SAAT MEMBAWA AYAM MENURUT PRIMBON JAWA/NOGO DINO
1.JUM'AT LEGI=MASA JAYA WIRING GALIH. 2.WAGE=AYAM GANTENG/AYAM GAMBAR 3.KLIWON=AYAM GAMBAR DAN BERTARUNG DI DAERAH SENDIRI. 4.RABU PON=MASA JAYA WIDO BANG. 5.LEGI=JANGAN DI BAWA KE SELATAN DAN KE UTARA. 6.WAGE=JANGAN DIBAWA KE LOR. 7.PAHING=BOLEH DIBAWA KE MANA AJA. 8.KLIWON=JANGAN DIBAWA KE MANA-MANA. 9.PON=BOLEH DIBAWA KEMANA AJA.10. REBO PON=HARI BAIK AYAM JALAK
BAGAIMANA MEMILIH ANAKAN/PIYIK YG BAKAL JADI JAGOAN?
Salah satunya dgn cara membeli sejak umur anakan/piyik.Nah,banyak patokan yg dipakai dalam menyeleksi piyik mana yg bakal jadi
Jagoan kita. Cara termudah,kita harus tau indukan/silsilah/darah piyik tsb.Nah.........,disamping itu ada standart lain yg dipakai kalian?
Klu Ayam yang umurnya di bawah satu bulan kami biasanya hanya melihat kerapian sisik kaki baik depan maupun belakan dan jari-jarinya terdapat sisik derajat (sisik yang terpecah dua) atau tidak selain silsilah Ayam itu sendiri. Jika usia Ayam sudah di atas satu bulan selain sisik kaki juga tulangannya atau sampungan antara leher dan kepala terlihat dan terasa datara atau pilih yang paling beda ukurannya apakah yang paling besar atau yang paling kecil (dalam satu tetasan) sebab biasanya Ayam paling beda punya kelebihan di banding saudaranya. Setiap akan memilih anakan sebaiknya paramerter menjadi standart, jika makin lengkap akan semakin baik. Minimal baik jika terdapat tiga kombinasi dari ciri-ciri tersebut di atas.
KATURANGGAN AYAM MENURUT SISIK KAKI.
1.SISIK JARI BELAKANG KIRI KANAN PECAH,NAMANYA TANJUNG KARANG,KALAU LAWAN PASTI KEBINGUNGAN KALAU KENA PUKUL.
2.SISIK KAKI ADA UBED/GELANG,NAMANYA NAGA MANGSA,PUKULAN SAKIT DAN AMPUH.
3.SISIK KAKI BELAKANG/SISIK AIRAN MENGHADAP KE BAWAH,NAMANYA NAGA TEMURUN,PUKULAN SAMPAI KE TULANG.
4.SISIK KAKI MUKA KAYAK KULIT SALAK,NAMANYA NAGA BANDA,LAWAN KEPUKUL BISA KEOK TANPA ADA TANDA2.
5.SISIK JARI KAKI KELINGKING PECAH LURUS KIRI/KANAN,NAMANYA TUNGGAK WINARAYAN,MUSUH MEDOT BANYU.
6.SISIK JARI PADA PECAH,NAMANYA BATU KARANG,REMUK MUSUH KALAU KEPUKUL.
7.SISIK JARI ADA DI BAGIAN BAWAH JUGA,NAMANYA BATU RANTE,PUKULAN SAKIT/PANAS.
8.SISIK ADA DI TELAPAK KAKI,NAMANYA BATU LAPAK,RAJA AYAM/YONI HEBAT/MENANGAN.
9.SISIK TIMBUL/SISIK MELIK DI BAGIAN AYAM BERKAKI UBED/GELANG,NAMANYA PUTRI KINURUNG,MUSUH KEPUKUL BISA MIRING2/KAYAK AYAM MABUK.
10.SISIK KAKI MULUS/TANPA ADA SISIK,NAMANYA SATRIA SINEKTI,AYAM MENANGAN.
BUNTUT EKOR BERDASARKAN KATURANGGAN JAWA
1.Jaran kepangan:buntutnya pendek,gak ada bulu lancurnya.Biasanya tarungannya nyasak dan gelis. 2.Supit Urang:buntut lancur seperti kumisnya udang. 3..Pecut:bentuk rapi,memanjang dan bulat rapi. 4.Kipas:bulu ekor lebar seperti kipas. Dari bentuk ekor,kita bisa menilai derajat Ayam,pukulnya dan gerakannya
Jaya ayam ditinjau dari warna kaki, sesuai primbon betaljemur adalah berdasar HARI dan PASARAN. Sebelumnya saya kelompokan dulu hari2 dan pasaran sbb :
H1 : Minggu dan Kamis.
H2 : Senin dan Rabu.
H3 : Selasa, Jum'at dan Sabtu.
Kelompok Pasaran sbb :
P1 : Pon dan Wage.
P2 : Kliwon dan Legi.
P3 : Pahing.
Warna kaki ayam terbagi 3 yaitu : Putih/P, Kuning/K dan Hitam/H.
Tabel :
H1-P1 : K-H-P. Jaya ada di K/Kuning, sedang P/Putih urutan terakhir, ini untuk hari Minggu dan Kamis dan pasarannya Pon dan Wage.
H1P2 : H-P-K
H1P3 : P-K-H
H2P1 : P-K-H
H2P2 : K-H-P
H2P3 : H-P-K, Hari Senin dan Rabu bila pasarannya Pahing, maka Jaya ada di H/Hitam sedang yg paling asor adalah K/Kuning.
H3P1 : H-P-K
H3P2 : P-K-H
H3P3 : K-H-P, hari Selasa, Jum'at dan Sabtu bila pasarannya Pahing, maka ajaya ada di K/Kuning, sedangkan P/Putih paling asor.

XI. JAMU-JAMUAN BUAT AYAM ADU

Ramuan 1:
BAHAN
Daun jeruk, jahe, ikan lele panggang, daging kering, katus (Tinospora Cordifolia), daun kacang, garam.
CARA MEMBUAT
Bersihkan semu bahan, potong menjadi kecil, tumbuk, jemur, beri campuran gula. Setelah itu dijemur lagi dan campur dengan madu hingga menjadi kental. Simpan di tempat yang rapat.Ketika akan digunakan bentuk menjadi bulatan kecil.Beri Ayam sebutir setiap hari. Ramuan ini membuat Ayam makin bertenaga dalam tendangan melayang dan stamina lama juga memperbaiki pencernaan.
Ramuan 2
Daun jeruk, merica dan cabe jamu dihancurkan bersama dan aduk hingga rata,. masukan kedalam perut ikan lele hingga penuh panggang ikan hingga penuh. Panggang ikan hingga masak, setelah matang hancurkan tubuh ikan lele bersma isinya. Campur dengan madu dan bentuk menjadi bulatan kecil, lalu berikan kepada Ayam. Ramuan ini membuat Ayam makn bertenaga dan membuat ayan sehat dan kuat bertarung berkali-kali.
Ramuan 3
Kaktus dipotong-potong kecil bersama madu, jika diberikan kepada Ayam tiap hari akan membantu pencernaan dan mempercepat pemuliahn kesehatan. Sangat tepat untuk Ayam yang sedang tidak suka makan.
Ramuan 4
Bubur nasi di panggang hingga hitam, hancurkan bersma cabe masak, campur dengan tepung ikan tembahkan keong dan tebu. Campuran dihancurkan hingga lumat dan rata,bentuk menjadi bulatan kecil. Berikan sebutir tiap hari,
JAMU UNTUK MENJAGA KESEHATAN AYAM
Menjaga kesehatan tentu lebih penting daripada mengobati.Sebelum Ayam terserang penyakit,maka Ayam perlu diberi ramuan tradisional agar terjaga kesehatannya dan tahan pengaruh cuaca dari luar. Ada beberapa resep yg sy dpt dr botoh2 lawas dan jamu ini dpt diberikan setiap hari,cukup 1X saja setelah Ayam dilatih. 1.Parut 100 gr jahe segar,lalu hasil parutan dicampur dgn 0.1 liter air,lalu disaring dan buang ampasnya.Setiap pagi berikan pada Ayam 1 sendok makan saja.Biasanya efek yg kelihatan terlebih dulu Kluruk si Ayam lebih nyaring dan jernih. 2.Cabe rawit 50 gr,beras 100 gr.Setelah beras direndam,ditumbuk halus bersama cabai.1 sendok makan bisa untuk 5 ekor Ayam. 3.Temulawak 100 gr diparut halus,kemudian dicampur air 0.1 liter.Saring dan buang ampasnya.1 ekor cukup 1 sendok makan saja. 4.Tepung beras satu cangkir dicampur kencur 100 gr,ditumbuk jadi satu dan boleh dikasih air sediki.Setelah jadi adonan,dibuat seukuran kelereng dan dijemur hingga kering.diberikan sehari 2X.
NAFAS PANJANG
Coba seminggu dua kali kasih kunci dibakar sebesar kuku jari dimakankan waktu malam hari,,, semoga bermanfaat... thx...
untuk membuat napas Ayam jadi bagus di daerah kami menggunakan asam jawa campur gula merah, di berikan setiap pagi? selamat mencoba
KAKI BASAH BIAR KERING
untuk sisik basah agar kering anda pake obat merah china,.saya lupa namanya tulisan nya bahasa china kotaknya merah tulisan putih, isinya seperti getah pohon akasia( coklat ). lulurkan tiap sore hari selama 3-5 hr..

NB.MANDIKAN JAGO DG ARAK+PARUTAN JAHE+SERAI+DAUN SIRRI YG DI BLENDER TIAP 1 MGGU SE X +KASIH JAMU(JINTEN HITAM,CABE JAWA,KOPIMURNI,KUNING TELOR,KAYUMANIS,GULA MERAH,KUNIR,KUNCI,TEMULAWAK,MADU,ADA YG DI SANGRAI KAYAK BIKIN JENANG DODOL(MAKJUN HELBEH)BOLEH JUGA DIBLENDER TAMBAH DIKIT AIR PANAS,SARING AMBIL AIRNYA TRUS SPET KE MULUT KITA EHH AYAM KITA) AGAR SEJUK BADAN AYAM,BLEH JUGA KASIH MINUM PENUTUP JUS SAYUR N BUAH AGAR AYAM MAKIN SEHAT,KUAT,VIT TERUS N SEGER..+SETIAP SELESAI MINUM JAMU WAJIB DI BERI MAKAN SEPEREMPAT TELUR REBUS N SEKUKU DAGING MENTAH.......

                MOGA ADA GUNA N MANFAATNYA-TQ PARA BEBOTOH N SENIOR TLAH BAGI2 ILMU

INGAT TMN:JUDI ITU DOSA LOOO WIKIKIKIKIKIK........KLO JUAL BELI AYAM NGK DOSA WKWKWKWKWK......APA LAGI KLO MAU BELI DI KANDANGKU PASTI HALAL WEHEHEHE


 DR PD BENGGONG PAGI2 SAMBIL NGEROKOK MINUM KOPI N LIAT AYAM DI MANDIIN N DIJEMUR
--------------------------------------------------------------
BABON BODOH
tentu kita trkadang d hadapi oleh masalah mpunyai babon yg bagus,pemacek unggulan,tpi sesudah d kawinkan dan brtelur trnyata s babon tdk mau dan tidak pandai megeram..mau beli mesin tetasan mahal..
maka caranya adlah sbagai berikut:
sebelum proses perkawinan belilah babon kampung ,atau ayam kampung yg trkenal bagus dlm mengeram dan merawat anak..harganya juga paling 40 ribuan..
kemudian dalam proses penangkaran ,masukkan dlm waktu yg sama: pemacek unggulan, babon unggulan yg ingin kita kawinkan (yg tdk pandai mngeram) dan ayam babon kampung tdi bersamaan dlm tmpat penangkaran (tmpat utk ayam d umbar agr trjadi proses prkawinan)..
kemudian ketika s babon brtelur dan ayam kampung tdi bertelur..
lakukan langkah:
ambil telur s ayam kampung tdi bisa anda jual atau d jadikan poding  kemudian masukkan telur babon yg ingin kita tetaskan k tempat ayam kampung tdi..
hingga s ayam kampung tdi akan mngeram telur babon unggulan yg kita inginkan tdi,sdangkan s babon unggulan itu agar tdk mengeram mandikan dg air kemudian umbar kembali brsama s pemacek ....
ktika ayam sudah netas dan telah brusia 2 minggu anaknya bisa anda pisahkan kemudian babon kampng tdi bisa anda potong/jual atau d mulai lgi dg proses umbar brsamaan dg babon unggulan lain..
babon bodoh iku gak cocok gawe jago,cocoke gawe seng duwe jago,enang bojo gampang dibujuki....
VITAMIN GAWE PHETEK
Banyak yang beranggapan bahwa vitamin berkhasiat untuk menghilangkan rasa letih atau capek, serta berkhasiat pula untuk menggemukkan dan menyehatkan ayam Apakah memang benar demikian ?.
Pertama-tama kita harus mengenal dulu apa itu vitamin, bagaimana khasiatnya, apa saja macamnya, dan lain-lain.:

Vitamin dibagi dalam dua golongan besar, vitamin yang larut dalam air ( Vit B1, B2, B6, nicotinamide, B12, dan Vit C ) dan vitamin yang larut dalam minyak ( Vit A, D, E dan K ). Apabila pemberian terlalu banyak vitamin, maka vitamin yang larut dalam air akan terbuang percuma melalui air kencing (urine), sedangkan vitamin yang tidak larut dalam air akan terus terkumpul di tubuh ayam yang lama kelamaan akan menimbulkan efek yang kurang baik pada ayam petarung . Misalnya : pemberian vitamin A yang berlebihan dapat mengakibatkan perubahan pada tulang-tulang, bengkak-bengkak di bawah kulit . memberikan kepada ayam vitamin D yang berlebihan dapat menyebabkan mobilisasi kalsium dan fosfat dari kerangka, dan pengendapan kalsium dari jaringan lemak sebagai pembuluh-pembuluh darah dan jantung.
Adapun Definisinya sebagai berikut.
Vitamin A
Ayam pemacek yang loyo / gairah kurang hanya sedikit memproduksi sperma,seperti ditulis dalam buku dapat meningkatkan jumlah spermanya bila memberikan kepada ayam vitamin A dan E yang memadai.
Kelebihan vitamin A pada ayam dapat menyebabkan gangguan pada sendi bengkak .
Vitamin B
Vitamin B sangat penting untuk aktivitas enzim dan metabolisme.ayam petarung
Vitamin B6 terdapat di wortel,pisang,telur,madu, kedelai,dan gandum.
Vitamin B kompleks adalah vitamin yang larut dalam air sehingga side efek lebih kecil,tapi kelebihan vitamin B ayam malas makan bila diberikan dengan dosis berlebihan ( ketika menjumpai kasus demikian ayam diberi air minum yang lebih banyak )
Vitamin C
Vitamin C adalah antioksi dan yang sangat hebat
Vitamin ini ada pada ,bayam,dan sayur-sayuran hijau lainnnya,tomat,
Kelebihan vitamin C akan dibuang melalui air seni.
Meski demikian,berlebihan mengkonsumsi vitamin C membuat kontraksi usus lebih terangsang dan menyebabkan ayam mencret.
Vitamin D
Pemberian vitamin D secera berlebihan dapat merusak ginjal dan hati.
Ayam petarung sebenarnya tidak perlu menambah konsumsi vitamin D karena ayam ada dijemur , serta cukup matahari . kulit dan bulu ayam dapat memproduksi Vitamin D3 bila terkena sinar ultra violet matahari .
Vitamin E
Vitamin E sering disebut sebagai vitamin pembangkit gairah kerana berperan dalam pembentukan hormon seks.
Ayam yang kekurangan vitamin E dapat malas dengan betina dan mental ayam kurang
Kelebihan vitamin E pada ayam akan menjadi pemarah karena meningkatkan tekanan darah.
Aman diberikan kepada ayam petarung vitamin E dengan dosis 15 IU sehari.
Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita.
Vitamin berdasarkan kelarutannya di dalam air :
- Vitamin yang larut di dalam air : Vitamin B dan Vitamin C
- Vitamin yang tidak larut di dalam air : Vitamin A, D, E, dan K atau disingkat Vitamin ADEK.

1. Vitamin A
- sumber vitamin A =
susu, ikan, sayuran berwarna hijau dan kuning, hati, buah-buahan warna merah dan kuning (cabe merah, wortel, pisang, pepaya, dan lain-lain)
- Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin A =
rabun senja, katarak, infeksi saluran pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh, kulit yang tidak sehat, dan lain-lain.

2. Vitamin B1
- sumber yang mengandung vitamin B1 =
gandum, daging, susu, kacang hijau, ragi, beras, telur, dan sebagainya
- Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B1 =
kulit kering/kusik/busik, kulit bersisik, daya tahan tubuh berkurang.

3. Vitamin B2
- sumber yang mengandung vitamin B2 =
sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur, susu, dan banyak lagi lainnya.
- Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B2 =
turunnya daya tahan tubuh, kilit kering bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah, sariawan, dan sebagainya.

4. Vitamin B3
- sumber yang mengandung vitamin B3 =
buah-buahan, gandum, ragi, hati, ikan, ginjal, kentang manis, daging unggas dan sebagainya
- Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B3 =
terganggunya sistem pencernaan, otot mudah keram dan kejang, insomnia, bedan lemas, mudah muntah dan mual-mual, dan lain-lain

5. Vitamin B5
- sumber yang mengandung vitamin B5 =
daging, susu, sayur mayur hijau, ginjal, hati, kacang ijo, dan banyak lagi yang lain.
- Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B5 =
otot mudah menjadi kram, sulit tidur, kulit pecah-pecah dan bersisik, dan lain-lain

6. Vitamin B6
- sumber yang mengandung vitamin B6 =
kacang-kacangan, jagung, beras, hati, ikan, beras tumbuk, ragi, daging, dan lain-lain.
- Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B6 =
pelagra alias kulit pecah-pecah, keram pada otot, insomnia atau sulit tidur, dan banyak lagi lainnya.

7. Vitamin B12
- sumber yang mengandung vitamin B12 =
telur, hati, daging, dan lainnya
- Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B12 =
kurang darah atau anemia, gampang capek/lelah/lesu/lemes/lemas, penyakit pada kulit, dan sebagainya

8. Vitamin C
- sumber yang mengandung vitamin C =
jambu klutuk atau jambu batu, jeruk, tomat, nanas, sayur segar, dan lain sebagainya
- Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin C =
mudah infeksi pada luka, gusi berdarah, rasa nyeri pada persendian, dan lain-lain

9. Vitamin D
- sumber yang mengandung vitamin D =
minyak ikan, susu, telur, keju, dan lain-lain
- Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D =
gigi akan lebih mudah rusak, otok bisa mengalami kejang-kejang, pertumbuhan tulang tidak normal yang biasanya betis kaki akan membentuk huruf O atau X.

10. Vitamin E
- sumber yang mengandung vitamin E =
ikan, ayam, kuning telur, kecambah, ragi, minyak tumbuh-tumbuhan, havermut, dsb
- Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin E =
bisa mandul baik pria maupun wanita, gangguan syaraf dan otot, dll

11. Vitamin K
- sumber yang mengandung vitamin K =
susu, kuning telur, sayuran segar, dkk
- Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin K =
darah sulit membeku bila terluka/berdarah/luka/pendarahan, pendarahan di dalam tubuh, dan sebagainya
OBAT BUATAN PABRIK
COCCILIN
Utk : coccidiosis (berak darah), pullorum (berak kapur), typhoid dan cholera.
Komposisi : Tetracycline HCL, Sulfadimetoxine, Sulfasomidine, Sulfaquinoxaline, dll
Dosis : 2,5-5grm utk 1 ltr air.

CORYVIT
Utk : Coryza, CRD, salmonella.
Komposisi : Ampicilin, Streptomycin sulfat, dll.
Dosis : 1-5grm/liter air minum.

AMPROLIUM-20
Utk : Coccidiosis
Isi : Amprolium
Dosis : 1-5grm/liter air minum

BIG BOSS – A
Utk : Mempertinggi daya tetas, nafsu kawin dan kesehatan.
Komposisi : Testosteron Propional, Tetracyclin HCL, dll.

VITAMINERAL
Menyembuhkan kelumpuhan (paralysa) dan Rachitis (tulang lembek).
Komposisi : Vitamin A, B, Kalsium, Kupri Sulfat, Besi, Kobalt, Zink, Kalium, dll.

TRIPLE WORMER HP
Obat cacing
Isi : Piperazine, Phenothiazine, Dichlorophene

NEO BLUE
Obat utk cacar, luka2, infeksi kulit, diphtheria, cholera.
Isi : Methylene Blue, Gentian Violet.

Procaine Penicillin Crystal
Utk : Pneumonia, pharyngitis, conjunctivitis, endocarditis, shipping fever, dll.
Isi : penicylin
Dosis : 1000-2000 i.u./kg berat badan.

Streptomycin
Utk : CRD, Coryza, Snot, Bronchitis, Pharingitis, Laryngitis.
Isi : Streptomysin Sulfat
Dosis : 0.5ml/kg berat badan

PENSTREP
Utk : Infeksi saluran pencernaan dan pernafasan
Isi : Penicilin dan Streptomycin
Dosis : 0.5ml/kg berat badan.

VITACHLOROMYCIN
Utk : infeksi bakteri (disentri, colibacilossis, parathypoid, dll).
Isi : Chlorampenicol
Dosis : 0,3-0,5ml/kg berat

OXYLIN
Antibiotik berspektrum luas, utk penyakit pernapasan dan pencernaan.
Isi : Oxytetracycline hydrochloride, Lidocain Hydrocloride.
Dosis : 0,3-0,5ml/kg berat

TYLON
Utk CRD, ngorok, radang pita suara, PPLO, radang usus yg disebabkan bakteri (pullorum, disentri).
Isi : Tylosin tartrate.
Dosis : 0,1-0,5ml/kg berat

Ampicilin
Utk : infeksi saluran pernapasan dan pencernaan.
Isi : Ampisilina Trihidrat BP
Dosis : 0,1-0,2ml/kg berat

AMOXYLINE
Utk : Infeksi saluran pernapasan
Isi : Amoxyxilin
Dosis : 0,1-0,3ml/kg berat

Erytromicin
Aktif mengobati : CRD, Coryza, Pheumonia, Diarhea, Enteritis, dan Bacterial infections.
Isi : Erythromycin.
Dosis : 0,1-0,3ml/kg berat
ADA YG SASET-KAPSUL ADA YG INJEK SUNTIK
ojok lali,,,selain jaga kesehatan ayam,kesehatan kita dan keluarga lebih utama

OBAT ALAMI untuk ayam birma bk saigon ayam konsumsi n binatang ternak
  ARATAN YOO...(ini jawaban dr sahabat kita yg bertanya)

”TANAMAN OBAT MENINGKATKAN EFISIENSI PAKANDAN KESEHATAN TERNAK UNGGAS”

Menurut Ir Sumardi MSc, Peneliti dan dosen Fakultas Teknologi Pangan, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang


Ditemukan, Jamu Jawa Penangkal Flu Burung


SEMARANG—Wabah flu burung (Avian Influenza) pernah meluluh-lantakkan peternak unggas (ayam dan burung puyuh) di Indonesia pada tahun 2003-2004. Sebanyak 16,23 juta unggas mati pada periode Agustus 2003-Juli 2004. Ribuan peternak besar dan kecil bangkrut gara-gara flu burung yang menyebar dari daratan Asia ke Indonesia.Untuk wilayah Jawa Tengah saja, kala itu ada 8,17 juta unggas yang mati sia-sia. Virus itu ternyata masih saja muncul pada tahun 2005. Flu burung tetap menjadi momok bagi peternak unggas. Tapi bangsa Indonesia masih beruntung. Di tengah kebingungan dunia mencari penangkal penyebaran flu burung, ternyata ada warga Indonesia yang berhasil menemukan jamu agar unggas kebal terhadap flu burung.Penemu itu adalah Ir Sumardi MSc, produsen jamu ternak merek Pro_Aktif yang masih bekerja sebagai dosen Fakultas Teknologi Pangan, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang. ”Ini memang temuan tidak sengaja. Jamu sebagai penambah nafsu makan ternak agar cepat gemuk itu berupa campuran bubuk buah cabe jawa (Piper retrofractum Vahl), ekstrak rimpang temu lawak (Curcuma xanthorriza Roxb), ekstrak rimpang temu ireng (Curcuma aeruginosa Roxb), bubuk rimpang lempuyang wangi (Zingiber aromaticum, Val), madu lebah, gula tebu sebagai pengawet alamiah, dan air sebagai pelarut,” kata Sumardi di Semarang, Senin (29/8) pagi.


Hasil BersaudaraIa menjelaskan, ekstrak temu ireng dan temu lawak efektif meningkatkan nafsu makan, sehingga mempercepat pembesaran, serta memperpendek masa pemeliharaan dan menghemat penggunaan pakan.Temuan ramuan itu adalah kerja sama dengan kakaknya bernama Edi Sutrisno, lulusan STM. Mereka empat tahun silam beternak sapi dan kambing di Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Upaya penggemukan sapi dan kambing itu ternyata bisa diterapkan untuk ayam dan babi. Khusus pada ayam, dengan nafsu makan yang tinggi ini, ayam dapat makan apa saja, termasuk bekatul dan jagung.Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pada peningkatan pakan 60 persen, berat ayam bisa mencapai 1,7–1,8 kg, apabila diberi pakan konsentrat 100 persen umur ayam hanya 27 hari.Sementara bila konsentrat 50 persen dicampur dengan bekatul dan jagung 50 persen, untuk bisa mencapai berat 1,8 kg memerlukan waktu 31 hari.Sedangkan bila pakan konsentrat 25 persen dicampur bekatul dan jagung 50 persen, umur ayam harus 36 hari.”Akan tetapi jamu itu ternyata mengandung senyawa-senyawa yang dapat melemahkan virus flu burung. Hasil Uji Serologi Balai Veteriner Wates, Yogyakarta, pada awal Agustus 2005 menunjukkan virus yang melemah inilah yang membentuk antibodi pada ayam, sehingga memiliki daya tahan yang tinggi.Dari pengkajian lebih rinci ternyata ada beberapa senyawa dari keempat bahan jamu tersebut yang memiliki daya melemahkan flu burung,” kata Sumardi.


Uji CobaPengujian lapangan dimulai pada 24 Juli 2005, dengan DOC (anak ayam) umur 2 hari di sebuah peternakan ayam di Jawa Timur dengan menggunakan empat perlakuan, masing-masing 100 ekor ayam. Pertama dengan kontrol tanpa perlakuan Pro_Aktif (tanpa jamu), kedua dengan pemberian dosis rendah, ketiga dosis sedang, keempat dengan dosis tinggi.Pada umur empat hari ayam diberi perlakuan serangan flu burung secara buatan, dengan cara menempatkan ayam mati di sekitar kandang. Hasilnya, ayam kontrol (tanpa jamu) mati pada hari ke-5, dan pada hari ke-9 semua ayam kontrol sudah mati.Pada saat ayam berumur 22 hari, lima sampel dari masing-masing ayam perlakuan (telah diberi jamu) dikirim ke Balai Veteriner Yogyakarta untuk diuji Tantang dengan Virus Flu Burung. Hasilnya ternyata semua ayam perlakuan itu lolos alias tidak terinveksi flu burung. Sebenarnya, jamu buatan Sumardi itu bukan hanya untuk penggemukan ayam, namun juga untuk ternak sapi, babi, dan kambing. ”Penelitian tentang jamu itu sudah saya lakukan sejak empat tahun silam. Ketika ada flu burung mewabah, saya mencoba melakukan penelitian sendiri dengan mendekatkan ayam yang terkena flu burung itu ke ternak ayam yang sudah saya beri jamu. Ternyata hasilnya ayam yang sudah saya beri jamu tidak tertular flu burung,” tuturya.Kabar itulah kemudian yang menjadikan Menteri Pertanian meminta agar temuan tersebut diselidiki lebih teliti di Balai Veteriner Wates, Yogyakarta. Penelitian pun dilakukan dengan membawa 12 ekor ayam usia 22 hari. Di sana setiap ayam diberi 4 juta virus flu burung. Ternyata ayam itu tidak mati.”Yang pasti, jamu ini bukan untuk manusia. Sejauh ini tetap untuk penggemukan hewan. Jika kemudian bisa membuat kekebalan ternak terhadap flu burung, itu merupakan hasil sampingan,” kata dosen ini.


setiap hari diberi larutan jamu hewan melalui air minum ternyata memberi respon positif terhadap pertumbuhan dan stamina ayam menjadi lebih baik (jarang sakit dan mortalitas rendah), lemak karkas sangat rendah, aroma daging dan telur tidak amis, warna kuning telur lebih oranye/skor diatas 7, serta bau kotoran ayam (ammonia) di sekitar kandang berkurang. Ternak ayam ras broiler, petelur maupun unggas lokal (ayam dan itik) yang diberi ramuan tanaman obat sebagai “feed additive” menunjukkan peningkatan terhadap efisiensi pakan dan kesehatan ternak


“Virus AI sangat peka dengan seluruh jenis disinfektan, termasuk bio-disinfektan, sehingga tidak memerlukan terknologi tinggi untuk menghambat virus tersebut. Cukup dengan pengobatan herbal, maka virus itu dapat hancur,” katanya.


“Menurut Ketua Asosiasi Dokter Hewan Perunggasan Indonesia itu, di Indonesia sendiri saat ini tersedia cukup banyak bahan herbal yang bisa digunakan menangkal menyebarnya virus flu burung seperti lidah buaya, temulawak, dan kunyit.


“Temulawak dan kunyit bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman guna mencegah peningkatan konsentrasi sitokin dalam tubuh akibat inveksi virus AI dengan sub tipe H5N1. Itu efektif, mengingat kandungan curcuma yang ada pada keduanya berpotensi sebagai inhibitor terhadap sintesis sitokin,” katanya.


“Berdasarkan laporan dari sejumlah peternak unggas, penggunaan secara rutin jamu berupa ramuan seperti kunyit, bawang putih dan daun pepaya yang dicampurkan pada air minum atau pakan ayam dan burung puyuh menghindarkan ternak tersebut dari AI,” kata Peneliti dari Puslit Bioteknologi LIPI Sri Sulandri.


Dia menambahkan, bahan ramuan tanaman obat yang dipilih dari beberapa jenis seperti kunyit, langkuas, jahe, temulawak, atau kencur yang dibuat sesuai kepentingan dan fungsinya bisa menjadi ramuan yang biasa disebut jamu hewan. Jamu hewan bisa meningkatkan nafsu makan, menyehatka .”Dari riset yang diujicobakan, pertambahan bobot badan ayam lokal yang diberi buah mengkudu nyata lebih tinggi dibanding jika tidak,” katanya.(Sindo Sore//fit)

ditambahkan oleh cak war di bph:
jika telah terendus penyakit menular dr jenis apa saja,untuk pencegahan n pengobatan kita biasanya melakukan....

1.cek sanitasi,kebersihan,semprot pake obat,n setandar ternak ya anda tau sendiri
2.pemberian enrofloksasin/norfloksasin(pilih salah satu)pada air minum 1 liter 1kapsul(500mg)bisa diminumkan pd doc sd ayam jadi
3.khusus n terpenting pemberian tetesan(tiup/spreey di mulut ayam)ramuan rahasia bph king war yg bahannya dr dalam n luar negeri baik untuk menanggulangin momoh serem yg namanya aratan jg berkhasiat +++100x ini serum yg di semprotkan ke mulut ayam dalam masa perawatan,pengobatan maupun penangkal penyakit...http://a1.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/s720x720/419643_323295544385850_279853753_n.jpg
dibawah ini yg baru bikin minggu ini....hehehe.......

KEMIN
bahan nya kunyit & kapur sirih
cara nya kunyit di tumbuk (lebih praktis bli kunyit bubuk di pasar)di campur dengan kapur dengan perbandingan 1:1 trus dikasih air rendaman sirih sesuaikan dengan campuran kunyit & kapur tapi jangan terlalu encer..
khemin berguna utk membuat kulit menjadi tebal. Selain itu dgn memakai khemin, kutu2 bisa hilang dan nyamuk tdk mau menggigit.
Sebaiknya khemin dicampur dgn arak gosok utk hasil yg maksimal. Lebih bagus lagi sebelum dikasih khemin, ayam dikompres dulu dgn air hangat.
Ayam dimandikan dgn penggunaan REBUSAN SEREI dan JAHE, yg mempunyai fungsi sama dgn Kemin. Rebusan serei dan jahe, dpt memperbaiki aliran darah ayam, mengurangi bengkak dan pegal setelah ayam diabar/diadu dan mengusir nyamuk sehingga ayam tidur lebih nyenyak.
bukanya rebusan serei dan jahe hanya di paha dada dan leher saja
dan emank fungsinya bukanya untuk menipiskan bulu agar sirkulasi udara jadi lebih lancar pas diadu
jadi kalo di mandikan ke seluruh badan ya bulunya pada tipis dan cepet rusak,..
makanya ayam luar pahanya, dada sama leher pada botak ( keculai saigon ya emank dah dari sononya botak kayanya)
kemin yo iso dipake botohnya agar muka tebel betah isin ngk sesak napas kuat lari klo di kejar polisi
TAPE
ngasih tape ke ayam aduan dengan cara mencampur nya ke makanan ayam,tp klo cuaca lagi ujan/dingin,setahu saya kegunaan tape sebagai penghangat suhu tubuh ayam,mungkin klo sering di kasih ke ayam aduan bisa mempercepat ayam ngurak karna panas
tape juga baik untuk manusia khususnya perut biar ngk lapar n kaliren
DAUN KATES/PEPAYA
Daun pepaya sendiri banyak mengandung senyawa metabolit sekunder seperti alkaloid, flavonoid, terpenoid, saponin dan berbagai macam lainnya seperti enzim papain (digunakan untuk melunakkan daging). Senyawa alkaloid atau saponin ini yang dominan menyumbang rasa pahit pada daun pepaya.
klo buat istri jg baik biar si anunya ngk bau terasi
daun kates/pepaya baik juga sebagai pembungkus pil/kapsul/jamu glintiran saat ngelolohin ke ayam agar aman di kerongkongan.
Senyawa-senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan, antibakteri, antikanker, dan antiperadangan. Fungsi senyawa-senyawa ini yang kemungkinan besar berperan membantu daya tahan terhadap kondisi lingkungannya.
Manfaat daun pepaya selama ini diteliti dan dimanfaatkan untuk kesehatan manusia belum untuk hewan. Tetapi pemanfaatan untuk hewan misal ayam juga bisa dilakukan karena sistem metabolisme berbagai macam senyawa di hewan pada dasarnya tidak begitu jauh dengan yang ada di manusia.
GEDANG GAWE PHETEK
Buah Pisang yang kita kenal sehari-hari sebagai hidangan penutup, ternyata mempunyai manfaat dan khasiat yang besar pada kita, khususnya bagi para karateka atlit atau non atlit. Dalam buah pisang misalnya pisang raja terdapat kandungan-kandungan kimia yang besar pemanfaatannya sebagai doping alami yang aman bagi tubuh. Kandungan-kandungan kimia tersebut yaitu :
gula (glukosa, fruktosa, dan sukrosa), trypthopan, piridoksin, ferrum, potassium, serotonin, dan riboflavin.

Kandungan gula yang terdapat dalam buah pisang raja menyimpan banyak sumber kalori tubuh yang berguna untuk memulihkan tenaga para atlet.
Kandungan trypthopan dalam pisang raja memiliki kemampuan untuk menormalkan fungsi sistem syaraf dan pembuangan.
Piridoksin yang terdapat pada pisang raja memiliki kemampuan untuk mengontrol tingkat glukosa darah.
Kandungan ferrum yang terdapat pada pisang raja berfungsi untuk merangsang produktivitas hemoglobin (Hb).
Potasium pada pisang raja memiliki peranan penting dalam pemanfaatannya sebagai doping alami para atlet karena kandungan potasium ini memiliki kemampuan untuk mengatur tekanan darah, mengurangi risiko darah tinggi, mempertajam kefokusan mata, menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengendalikan kadar cairan tubuh para atlet.
Serotonin yang terdapat pada pisang raja berfungsi dalam mengatur beban ketegangan yang dialami para atlet saat menjalani pertandingan karena kandungan kimia ini memiliki kemampuan untuk mengendalikan tekanan perasaan agar menjadi lebih rileks dan terkendali.
kandungan riboflavin pisang raja berfungsi dalam mempertahankan aktivitas kerja sistem syaraf dan meningkatkan konsentrasi para atlet.
Berdasarkan mekanisme kandungan-kandungan kimia yang terdapat pada buah pisang raja seperti yang telah diuraikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa buah pisang raja dapat dimanfaatkan sebagai doping alami yang aman bagi tubuh serta tidak memiliki efek buruk bagi kesehatan para atlet selama dikonsumsi secara wajar.
MENEBALKAN MUKA JAGO
digosok dg arak obat Biasanya dijual di toko obat china.
Kalau sy punya resep sendiri yg ditebus pada 'apotik sinshe'.
Yg perlu diperhatikan, jangan pakai arak gosok yg mengandung menthol (panas). Kulit justru akan menipis dan iritasi.
klo mau yg langsung pake bisa di pesan di cak warno prigen,,,murah aja kok mas,,,,
MUSIM PENYAKIT ARATAN
semprot kandang dg rodalon+kututok
pakan ayam dicampur daun pepaya
3hari 1x ayam dilolohi bawang putih yg di bakar
jng lupa minumnya dicampur dg vit
BEBOTOH NAKAL HATI2,,,
1. Air untuk mandi ayam yang dikasi racun....apabila kita memberi minum ayam akan membuat efek negatif pada ayam kita.....(saran : membawa air kemasan untuk diberikan minum untuk ayam kita jadi jangan memakai air mandi yang di gelanggang)
2. Ada beberapa orang yang mengoleskan cabai hijau disisik ayam dari sisik kaki atas , jalu sampai pada sisik jari...bahkan ada yang mengoleskan Zat2 yang berbahaya
3. Bila bertarung dipinggiran(yang arenanya tidak punya pembatas) hati2 sewaktu mengangkat ayam untuk dibawa kembali ketengah...ada sebagian orang yang dengan sengaja menempelkan busanya yang basah kebadan ayam kita sehingga akan merugikan ayam kita....
mohon tambahan, kritik, saran dari teman-teman yang lain.....
sekedar tips ...: apabila hendak membawa ayam kekalangan(gelanggang) kepala ayam kita bisa dioles dengan putih telur agar seperti kelihatan kurang sehat(kurapan) jadi orang bisa sepele akan kesehatan ayam kita...hehehe
dan yang paling sering ditemukan adalah dengan memberi racun ayam lawan, caranya dengan memberikan makanan berupa sebutir ( jagung , beras, nasi ) yang sudah diberi racun...untuk menghindari ayam kena racun sebisa mungkin ayam kita jaga, lebih baik lagi jika dikerodong ( racun jarang diberikan pada air mandi ataupun nasi karena beresiko terhadap kedua ayam )....wasit yang baik akan selalu mengusapkan busa pada ketiak ayam dan kaki ayam kemudian diminumkan kepada ayam tersebut , hal ini untuk menghindari adanya racun /zat kimia lain yang dioleskan ke bagian tubuh tertentu ( jika nekad berarti racun akan terminum sendiri/senjata makan tuan )...kecurangan lain adalah " gareng - petruk " atau sandiwara, ayam yang sengaja dipasangkan gandeng tetapi sebenarnya pemiliknya sama dan sudah hampir dapat dipastikan ayam yang mana pemenangnya, biasanya mereka hanya mengejar setoran....ada juga permainan antar botoh, hati2 dan jangan percaya 100% dengan botoh/yang memandikan ayam kita, kadang2 ada juga botoh yang bisa dibeli oleh lawan ( lebih aman jika kita sendiri yang memandikan ayam )...botoh yang tidak bermoral bisa kongkalikong dengan pemilik ayam lawan untuk mengerjai ayam kita tentunya dengan imbalan yang cukup besar....kecurangan ini paling sulit dideteksi tapi bisa dirasakan terutama jika pada awal ronde ayam kita dominan tiba2 setelah ngair jadi berubah total ( ayam kehabisan tenaga/ayam kehilangan kecepatan/ayam kehilangan pukulan dll )....banyak cara bagi botoh untuk membuat ayam kita berubah.
dengan mengoleskan minyak musang ke bawah sayap ayam, jk kepala ayam kita masuk kebawah sayap ayam lawan akan membuat ciut nyali ayam kita..
sering terjadi kecurangan yg dilakukan pada saat memegang ayam / digandengkan dengan cara " menjentik / mencongkel / menekan buah pelir ayam " menurut beliau jika ini terjadi maka ayam yg dijentik / dicongkel / ditekan pada buah pelirnya tsb mempunyai efek sebagai berikut :
1. ayam tsb tidak akan bisa mukul alias kakinya tak bisa naik untuk mukul saat bertarung.
2. dlm waktu kurang 10 hari ayam tsb akan sakit perlahan namun pasti dgn gejala sakit kuning.
3. ayam tsb masih bisa diterapi dlm waktu 21 hari dipastikannya normal kembali.
dari pengakuan bebotoh tua tsb bahwa Dia bisa melakukan itu dgn sangat gampang atau hanya dgn sedikit congkelan dgn menggunakan jari kelingking pd posisi tertentu pd ayam tsb saat berpura-pura memegang ayam musuh untuk menakar ketebalan ayam, nmn pd saat sy tanyakan dianya tak mau menjelasin secara rinci cara melakukannya & mengatakan suatu saat org lain menjelaskan padamu .
Menurut beliau teknik ini jua pernah dilakukannya tuk beli seekor ayam yang diinginkannya, namun pemilik ayam tsb memberi harga yg tdk bisa dijangkau bebotoh tua tsb,namun setelah ayam tsb sakit maka pemilik ayam menjualnya dengan harga murah .
TENAGA HABIS SAAT TARUNG
Masalah yang sering dijumpai ayam kehabisan tenaga saat pertandingan berlangsung
Contoh 1 : Ayam petarung kehabisan tenaga pada ronde-ronde terakhir, meskipun pada ronde sebelumnya telah unggul. kekuatan tenaga otot tidak mencapai
Kekuatan Optimal
Contoh 2 : kekuatan pukulan ayam tidak optimal karena sumber energi telah hilang dalam proses latihan berat (yang kurang benar) pada saat sebelum bertanding terjadinya collaps dan asidosis
Contoh 3 : seekor ayam mengalami collaps karena persiapan gizi sebelum bertanding (tidak benar). tertimbunnya zat-zat metabollic intermediate yang tidak diinginkan ( terganggu pencerna sehingga tidak sempurna )
Pada latihan endurance ( daya tahan ), lemak.. adalah sumber kalori utama. Tetapi tidak boleh dilupakan bahwa cadangan karbohidrat dalam tubuh ayam harus tersisa walaupun sedkit karena bila karbohidrat habis dapat menyebabkan asidosis berat dengan komplikasi berupa collaps.
Siklus Cori
Asam laktat yang terjadi di otot ayam akan dibawa ke dalam sirkulasi darah dan kemudian dibawa ke hati untuk diubah kembali menjadi ke otot untuk diubah kembali menjadi glukosa. Glukosa ini akan dibawa kembali ke otot untuk dipecah dengan menghasilkan energi. Proses ini dikenal dengan Siklus Cori.
Apabila sirkulasi darah pada otot ayam baik (dapat ditingkatkan dengan latihan yang teratur), maka siklus Cori merupakan sumber energi yang berarti. Siklus Cori sangat berperan pada latihan berat atau latihan berat sekali. Kemampuan melaksanakan siklus Cori sangat bergantung kepada kemampuan sistem otot kardiak pada jantung.
Penanganan aspek asupan gizi pada latihan perlu diperbaiki, tidak hanya mengenai jumlah serta cukup tidaknya makanan yang masuk ketubuh ayam , tetapi juga pengawasan utilisasi zat-zat gizi di dalam tubuh, khususnya yang menyangkut transfer energi di dalam jaringan. Masalah asupan zat gizi sebenarnya hanyalah sebagian kecil dari masalah yang harus diperhatikan, intinya justru pada pencegahan kesalahan utilisasi zat-zat gizi di dalam tubuh ayam
Sumber energi dan performance fisik
Ayam petarung bergantung pada pemakaian sumber energi karbohidrat dan lemak. Pada kerja otot yang ringan dan sedang, setelah energi awal yang diperoleh dari energi terutama diperoleh dari lemak dan karbohidrat dalam jumlah yang sama. Apabila kerja otot tersebut berlangsung lebih lama, lemak menjadi sumber energi lebih utama daripada karbohidrat. Cadangan lemak akan dipecah dengan bantuan hormon norepinefrin untuk memobilisasi asam lemak bebas yang kemudian akan dioksidasi di dalam siklus darah Akan tetapi pada akitivitas otot yang berat, sumber energi utama dalam tubuh ayam ialah karbohidrat sehingga cadangan glukosa didalam tubuh ayam berupa glikogen hati dan otot harus cukup besar.
Kemampuan otot ayam petarung untuk menjalankan aktivitas fisik yang berat dan lamanya bertanding langsung dengan jumlah glikogen yang di otot ayam pada aktivitas awal. Pada asupan pakan yang seimbang, glikogen otot akan mencapai 1,5 g/100 g otot sehingga akan cukup untuk melaksanakan kerja berat selama ± jam (dengan up-take oksigen maksimal 75%) dan lewat jangka waktu tersebut tubuh ayam akan kelelahan. Kadar glikogen otot dapat diperbesar dengan asupan tinggi karbohidrat sehingga mencapai 2,5 g/100 g (otot). Hal ini akan menghasilkan cadangan tenaga ayam petarung yang cukup untuk dipakai dalam aktivitas bertanding yang lebih lama.
Cara khusus yang biasa diberikan kepada ayam petarung ialah memberi diet campuran (mixed diet) untuk beberapa lama,
kemudian kira-kira satu minggu sebelum pertandingan, dilakukan latihan-latihan yang berat sekali yang bersamaan dengan pakan tinggi lemak, tinggi protein dan rendah karbohidrat selama 2-3 hari.
Kemudian dilanjutkan dengan Pakan tinggi karbohidrat selama 2-3 hari dengan latihan fisik minimal atau istirahat. Cara seperti ini diinformasikan dari Dosen Perternakan USU dapat menghasilkan kadar glikogen otot sebesar 5 g/100 g(otot).
Pemberian glukosa atau gula merah / madu akan sangat berpengaruh hanya pada saat-saat dimana cadangan glikogen tubuh sudah hampir habis. Jumlah glikogen hati ayam kira-kira antara 5-10 g. Cadangan glikogen hati ini akan memberikan kadar glukosa dalam darah yang dapat dipakai sebagai sumber energi bagi otak dan jaringan saraf lainnya. Jaringan-jaringan tersebut hanya bergantung pada energi dari karbohidrat, sedangkan cadangan karbohidrat tidak dapat dipunyai jaringan ini.
Dalam pelatihan dan atau pertandingan seekor ayam petarung untuk mengejar prestasi mutlak dibutuhkan pengaturan asupan pakan yang tepat baik sebelum maupun sesudah pertandingan .
TANDA DASAR AYAM PUKUL SAKIT
1-di pinggir kaki nya berwarna merah (semakin merah semakin kuat)
2-sisik melik tepat di arah jalu di kedua kaki
3-di matanya terdapat bintik bintik bulat kecil kecil
4-di paruh bagian dalamnya terdapat warna hitam
5-di sisik nya ada sisik kembar(sisik besar yg memanjang keatas seperti gabungan dua sisik
6-sisik melingkar di sisik paling atas
JAGO PKL KO
Bahasan ini cukup unik mas... Krn jangankan pemula, yg sudah lama menggeluti hoby ayam-pun masih nyari2 ayam yg selalu punya pukul k.o.
Menurut saya, ayam yg punya kemampuan pukul k.o pada dasarnya harus punya akurasi pukul yg tinggi. Pukulannya tepat sekali pada sasaran (bersih). Soal bobot pukul, itu relatif dan tdk jadi patokan pukul k.o.
Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah ayam yg punya ciri spt ini selalu mukul k.o musuhnya..?
Jawab : Belum tentu.
Seekor ayam dgn ciri tsb akan sanggup memukul k.o musuhnya bila :
1. Kondisi fit, tenaga cukup.
2. Berada pada sebuah sikon dimana posisi musuh menjadi sasaran empuk pukulan. Artinya ayam kita memiliki kesempatan besar melontarkan pukulan terbaik krn posisi musuh yg sangat mudah dipukul.
Nah, terutama point no.2... kalau kita bertarung di kalangan, situasi dan kesempatan spt ini sangat sulit didapat krn musuh yg dihadapi bukan ayam sembarangan. Krn secara umum, ayam pilihan yg siap adu rata2 memiliki sifat sulit dipukul (teknik bagus).
Maka jangan heran kalau ayam yg biasa memukul k.o untulan, tdk bisa melakukannya pada pertarungan sesungguhnya. Kecuali sebuah kebetulan/beruntung.
KLO JOKO PKL KO HARUS UDAH DI SUNAT BARU BISA MENG KO ATAU KIKUK KIKUK
biasane ayam akan terkena pukulan KO bila terkena pukul pada bagian
-Mata termasuk bagian pusat syaraf bila terkena bagian ini tak jarang ayam akan KO atau lari
-Sambungan antara kepala dan leher adalah bagian yg sangat Vital(Pusat syaraf) pada Ayam karena jika terkena pukul pada bagian ini ayam bisa bingung/bengong,melompat/terbang,lari dan jatuh karena kaget dan merasakan sakit(pukul buah,red),tak jarang ayam akan langsung mati jika terkena pukulan di bagian ini apalagi terkena pukulan jalu
-Pinggul/pinggang juga merupakan salah satu tempat vital biasanya jika ayam terkena pukulan pada bagian ayam akan lemas/lumpuh atau keram
pukul ko itu hanya bisa dilakukan ayam yg arah pukulannya bersih ke kepala dgn syarat ayam harus dlm kondisi full energy dan udah 'buka urat' ( kebanyakan ayam kurang pemanasan sehingga pukulan bisa mengarah setelah airan ke 2 ato 3, terlambat !!!).
 biasanya sisik kaki ayam pukul ko tuh lebih kelihatan kokoh (timbul), baik itu sisik airannya maupun sisik dalam atas taji. tapi ada juga ayam kaki bulat punya pukul KO. dan sorot mata biasanya tajam dengan bulatan hitam mata yang kecil. cuman pukul ko juga baru bisa muncul melihat musuhnya bos, kalo musuhnya tulangannya bagus dengan urat yang jadi, apalagi ayamnya maen liar, susah kayaknya muncul pukul KO nya.Seekor ayam akan mampu memukul K.O musuhnya bila ia memiliki kesempatan berdiri dlm posisi yg siap melontarkan pukulan terbaiknya.
Kalau kesempatan memukul itu tdk ada, jangan berharap bisa mukul K.O. Lha... mukul biasa aja susah...semua ayam bisa meng-KO lawannya, dan semua ayam bisa di-KO oleh lawannya, semakin kuat daya ketahanan fisik ayam semakin sulit untuk di pukul KO, semakin keras pukulan ayam dan semakin tinggi akurasi ayam menempatkan pukulannya pada sasaran vital maka akan semakin terbuka kesempatan bagi ayam tsb untuk meng-KO lawannya, jadi semuanya tergantung kpd type ayam itu sendiri dan type ayam yg akan menjadi calon lawannya dengan kata lain KO itu memang mungkin akan terjadi namun sifatnya sangat kondisional, ayam kitapun bisa saja sewaktu-waktu meng-KO lawannya atau mungkin malah justru di-KO oleh lawannya, karena KO tsb sifatnya sangat kondisional, ngene loo dolor pkl sakit,pkl sarap,pkl yoni,Pukul Berat, Keras, kenceng, ngebom, Gledek,strum dsb, cuma istilah saja.
Seberapa keras, seberapa berat, dll, tidak ada alat ukur yg pasti.
Keras buat saya, belum tentu keras kalo dinilai orang lain.
Yang penting efeknya bisa bikin cpt keluar ngk
kan jadi puas n lemas ckckckck
hormatku sepoloh jari Pukul Berat, Keras, kenceng, ngebom, Gledek, dsb, cuma istilah saja.
hormat karo sepoloh jari kagem bapak2 yang tetap pegang trah juara untuk di kembang biakan dan melahirkan juara2 baru , bukan apa yang diberikan jago kepada bapak,tetapi apa yang sudah bapak berikan kepada jagoannya.

TEKNIS BERTARUNG DAN JENIS YG DPT MENGALAHKAN
TEKNIS DAN OPO KONTRA PENGAPESANE?
99%akurat bro,,,sisanya keberuntungan
Berikut ini mari kita bahas jenis teknik dan apa kontranya.???????
Catatan : pukulan ayam sama bagus . setamina sama .tanpa jalu .
1.         Teknik ayam ngelock atas ( pola main jenis ayam ini kontrol atas sorong kiri kanan , rapat mukul . . terdesak dari depan tampar .rebut pukul dan cepat . Ambil pundak mukul . sesekali menekan dari samping .dan bisa pukul bawah . sifat tempel pukul ).
2.         Teknik ayam Main bawah ( Pola main ayam ini 90% dibawah , Ayam stamina extra bagus . main bawah rapat dada cendrung mau tarik dasi . dan masuk kolong tembus keluar cari peluang pukul belakang .masuk sayap keluar pukul . terdesak dari depan tampar. Ayam gesit dan susah dipukul kepala antul antul )
3.         Teknik ayam cerdik ( Pola mainnya seperti belut .licin susah dipengang cerdik mencari peluang pukul dan brutal . pukulan sakit dan mematikan.serta rapat pukul , bila musuh sudah agak lemah langsung ambil alih di atas dan memberi pukulan dan ganti pola main Kontrol atas serta dapat pukul rapat .bila terdesak lagi teknis licin bagaikan belut main di dibawah atau masuk sayap ).
4.         Teknik fighter ( Pola main pukul dari depan tampar tempel pukul .tari dasi gombel ...70% tidak mau rapat . ayam mau mudur pukul . bila rapat ambil pundak dan hujankan pukulan seri 2.).
5.         Teknis Kuda lari ( Pola main ayam lari bila terdesak . balik pukul . bila musuh mulai lemah ayam kontrol atas nekan pukul samping dan bahwa )
HAYO ENDI SENG PALING SIPPP
tiap teknis ada kelemahanya,tiap gaya ada kontra yg bisa mengalahkan,pilih mn yg pln baik,,,
eroh orah lek gak eroh takono aku ngowo dedek katul 2 kilo baru tak jawab sry....sementara rahasia!!! kapokmu kapannnnnnn,klo PKE TAJI yo beda,,pokoknya yg tercepat masukin jalu ke sasaran vital lwn yg menang
JAGO KENDO PUKULE ARANG YG DI CARI(MADEP TONGTONGAN)
saat bertarung ayam ini kelihatan pasif / diam tetapi kalo di abar / bertarung walaupun perbandingan pukulannya bisa 1 : 8 utk lawannya tapi herannya luka di kepala ayam itu kurang sekali padahal gerakannya kelihatan lambat/ cuman kepalanya aja yg di gerak2in trus mukulnya sesekali aja/ sangat jarang tapi kalo sekali aja mukul, pasti lawannya gemetar / lompat sendiri dan kalo di kalangan pasti lawannya lompat keluar arena trus kelihatan lawannya seperti salah tingkah / ketakutan
JADI BERBAHAGIALAH  BEBOTOH YG PNY JENIS INI YG ISTIMEWA(SIMPAN)
BERSEDIHLAH TIBA2 KELUAR JENIS INI TAPI BENER2 NGK ISTIMEWA NGK MENANGAN.... DI SOTO AJJA BANG
APALAGI  AYAM SEKANDANG JENIS GINI YG GAK ISTIMEWA,NGK GAMBAR,KUDISAN,BUBULNYA SEGEDE KOBOKKAN,,WADUH CPK DEHHH
Ayam yang berdiri kokoh kontrol dan hanya sedikit menggerakkan badan/kaki untuk bertarung sebenarnya tergolong ayam yang bagus karena langkahnya efektif untuk mengimbangi gerakan lawannya....ayam tipe ini memang biasanya mempunyai jenis pukulan yang keras dan memabokkan sekalipun intensitas pukulannya juga jarang....ayam tipe ini biasa disebut ayam pukul.....
Tahun 97-99 memang lagi ngetrend ayam import dari vietnam/saigon yang teknik dasarnya waktu itu kontrol berdiri kokoh dan jarang memukul sekalipun pukulanya keras dan berat...mungkin masih ponakane ayam vietnam jadul..?
Pengalaman saya pribadi dalam beternak...kalo kita ingin menghasilkan ayam dengan karakter pukulan yang berat/ada sekali jadinya...maka pemacek yang digunakan juga harus mempunyai pukulan yang mematikan/KO...hampir selalu pemacek dengan pukulan berat menurunkan anakan dengan pukulan yang sama beratnya tapi untuk teknik variatif tergantung dari babonnya...

MELATIH AYAM JADI PEMBUNUH
ngene bos carane
1. Ayam dilatih saat mejelang malam. Mulai gelap.( atau sudah gelap)
2. Sediakan kurungan ukuran 1.2 meter Tingginya...lebar lingkaran 1.1 meter.( atas jangan ditutup.) lingkaran atas di balut karet ban sebesar 3/4 inci.
3. Pasang bohlam lampu 5 atau 10 watt saja. Diatas lingakaran supaya samar terlihat ring kurungan bgn atas.
4. Ayam dimasukan ke dalam .kurungan. Biasanya ayam akan lompat naik ke atas ring.kurungan .untuk tidur.
5. Ulangi. Terus sampai ayam ngak sanggup lagi naik.
6. Biasanya ayam yang terlatih bisa sampai 150x lompatan .
7 . Coba dijajal setelah diistirahatkan 4 hari.
8.latihan demikian otot dan keseimbangan sangat bagus.
tapi awas!!!!jamu vit n jangan terlalu paksain tu phetek secukupnya aja,klo streess tau jd nyonya kuning2ngen gak tanggung tajabbb
tapi klo jadi udah pasti si killer tercipta di tanggan sampean
atau jenis tradisional umum
Syaratnya ayam yang dilatih memiliki akurasi pukulan sangat bagus kecapatan pukul juga bagus dan sasaran pukulan tidak terlalu menjadi masalah mau dikepala, leher, bahu, badan, lambung, pangkal paha. dan lain sbg...
Umur ayam sebaiknya mulai latih di umur 8 bulan s/d 10 bulan, bulan ke-11 untuk coba hasil latihan dgn sparing-sparing 3x atau 4x. umur 12 bulan pas turun arena sampai mabung pertama. menjelang selasai mabung latihan mulai dari awal kembali, selesai mabung ayam sudah bisa dipakai lagi.
Biasanya pada saat sparing jarang ada lawan mampu lewat 2 ronde, sekalipun lawan tua dan berotot. (tdk pake jalu)
Rumusnya; (maaf mungkin ada yang lebih ahli) metode ini sederhana tapi kami sudah membuktikan hasilnya: sangat memuaskan dan meguntungkan.
selama latihan kesehatan ayam harus diperhatikan supaya tidak ganggu program latihan.
Latihan dibagi 3 tahap:
1. 10 hari latihan kitiran 10 menit tiap hari
2. 20 hari latihan kitiran 15 menit tiap hari
3. 30 hari latihan kitiran 20 menit tiap hari
sebelum dicoba istirahatkan ayam 7 hari baru digeber, jangan lupa dikasi perawat untuk memulihkan dan meningkatkan tenaga. stamina sudah terbentuk lewat metode latihan tadi. saya yakin anda akan kaget melihat hasilnya, paling tidak akan ada lawan yang lehernya patah, rahang patah ....selama ayam kita aktif berkarir, ketika ayam mulai berkarir di arena latihan tidak dilakukan lagi tinggal sehatkan turunkan arena....sehatkan turun arena lagi.
 kiter/kitiran ono 3 jenis
1-sangkar yang bisa berputar lalu ayam dimasukkan kedalam sangkar tersebut kemudian diputar, dengan sendirinya ayam akan berjalan n lari di dalam sangkar tersebut.
2-ayam dimasukkan kurungan yang beralas bambu ( seperti kurungan bekisar ) dan digantung dengan tali sekitar 1 meter dari tanah kemudian kurungan diputar....dengan latihan ini ayam yang belum terbiasa akan mencengkeram alas kandang sambil sedikit jongkok tetapi kalo sudah terbiasa akan berjalan atau berlari berlawanan arah putaran.....
3-untul masukin kurungan rangkap,jago diluar mengitari kurungan

ADA LAGI DR EMBAHE PHITIK
1.tulangan bagus & ukuran ayam standard(yang penting sesuai dengan selera kita)
2.sikap/permainan ayam yang bagus/cantik(sulit dipukul lawan & sering memukul)
3.mempunyai pukulan bersih walaupun akurasi pukulan tidak terlalu cepat & kuat
cara melatih;
klo ayam muda coba tes gebrak sampe ayam lemes tapi jangan sampai ayam kalah/keok(di sesuaikan dengan keadaan ayam),3/4hari setelah ayam benar2 pulih & fit,kaki ayam di kasih pemberat / bandul (disesuaikan dengan umur& berat ayam) setiap hari pagi2 seperti biasa mandi,jemur sampe kering trus ayam di latih loncat(biasa seperti ayam memukul lawan/di coba dengan untulan dengan cara di angkat dengan tujuan supaya ayam melompat sendiri,waktu ayam yang di latih mau mukul untulan di angkat) disesuaikan dengan kemampuan ayam(akurasi latihan semakin hari latihan di tambah),setelah itu kedua sayap ayam di tarik ke samping/atas(dengan cara cepat)dengan posisi ayam tegak sambil di hitung sesuai kemampuan ayam(akurasi latihan semakin hari semakin di tambah),setelah itu ayam di umbar 1 atau2 jam,kemudian ayam masuk box untuk istirahat,sore sekitar pukul 3/4 ayam di latih kliteran10-15 menit sesuai kemampuan ayam(semakin hari latihan semakin di tambah)yang terpenting harus disesuaikan dengan kemampuan ayam jangan terlalu memaksa(2 minggu sekali latihan gebrak 2/3 air sesuaikan dengan kemampuan ayam dengan musuh yang sebabak untuk latihan mengeraskan badan ayam),makanan penunjang fooding/jamu harus di sesuaikan dengan porsi latihan,untuk istirahat malam kandang dibuatkan tenggeran yang terbuat dari kayu bulat & di gantung dengan tali(untuk melatih keseimbangan ayam) setelah 1 atau 2 bulan coba tes gebrak untuk melihat hasil latihan,tetapi sebelum ayam di gebrak sebaik nya di istirahatkan 3/4 hari
dll rahasia klo mau tau bawa ayam goreng sekotak kerumah ntik tak catetno
SIKON SI JAGO DAN YG PUNYA JAGO
'bioritme'
  • lek iki cocok gawe ngancani nang kalangan                              Pada saat peruntungan kita baik dimana beberapa kali menurunkan ayam selalu menang atau mendukung ayam teman dan ayam tersebut juga menang berarti bioritme kita sedang baik, maka jika pada fase positif tersebut kita mengadu ayam lagi dan ayam kita yang seharusnya menang dengan mudah tiba2 berkembang menjadi draw atau menang tapi dengan susah payah ( rebutan kalah ), maka itu merupakan sinyal dimana bioritme peruntungan kita sedang turun...jadi lebih baik dalam beberapa waktu kita tidak menurunkan ayam dahulu menunggu tren positif kembali.... sebaliknya jika peruntungan kita lagi negatif dimana beberapa kali menurunkan ayam selalu kalah atau ikut mendukung ayam teman juga kalah, maka bioritme kita sedang turun tetapi jika pada fase tersebut kita menurunkan ayam dan mulai menang atau draw maka posisi peruntungan kita sedang mulai menapak naik dan biasanya untuk selanjutnya akan terus stabil positif sampai beberapa waktu....
Catatan : Biasanya setelah menang berurutan 5 - 7 kali maka fase bioritme kita akan mulai turun....begitu sebaliknya dan terus berputar kembali
gampange ngene,,,,phetek iku ya tau suasana hati n keberuntungan tuannya,klo siempunya yg jaya ya sijago tandang gawene akas aktif
bagus n menangan,klo si empunya lg sial so pasti jago yg sdh kita siapin n yakinin menang jadi ko
banyak kita jumpai bahkan da ngalami ndiri,biasanya sijago tu dasyat pas digandeng ehh tarungnya kayak sego empok
bodoh n mangkelno ati,,,,nah hukum suasana/keberuntungan ini juga berlaku untuk pembawa serta bebotoh kita
ingat!!!jng perna menyerahkan kepercayaan pada org yg pehhhh/sial untuk cari gandeng ayam kita
suruh aja dia ikut lwn n kasiin modal dikit ngk masalah tau srh ikut ngemek/nimbang gandeng lwn kali aja musuh ketrembisan apes.
DOLOR,,NGERTY NGK SAMPEAN APA YG TAK JLSIN DIATAS
aku dewe yo ora ngerty opo mane pean nulis opo iku mau,,,,,,,,,,
andaikan saja ayam juga memiliki bioritme seperti kita, ataukah kitab betaljemur yang sudah ada sebenarnya dulunya berasal dari mereka yang mengamati bioritme harian ayam?
ataukah jangan jangan ayam juga memiliki bioritme kayak manusia .?? sapa yang tau? semoga ada seorang profesor yang mempelajari tentang bioritme pada hewan khususnya ayam ini (kalo ayam memang juga punya bioritme)
maka bisa terjadi kitab betaljemur itu akan menjadi sempurna juga bila dikaitkan dengan bioritme pada ayam aduan ....
Menurut sebagian besar orang, menang atau kalah tergantung pada ayamnya.
Tapi menurut saya, menang atau kalah itu justru tergantung orangnya. Karena menang atau kalah adalah tujuan manusianya. Bukan ayamnya. Ayam hanyalah objek atau alat yg mengikuti nalurinya saja utk bertarung. Ayam tdk peduli seberapa besar kemampuannya dalam bertarung, tidak peduli apakah ia dlm kondisi fit/tidak, apakah musuhnya berjalu lebih tajam, apakah musuhnya lebih tua, lebih besar atau lebih tinggi.
Ayam hanya menjalankan tugasnya sebagai petarung sejati.

Kemenangan dipengaruhi banyak sekali faktor. Bukan semata2 urusan ayamnya saja.
Maka untuk memperkecil kemungkinan kalah, sudah selayaknya pemilik harus memperhatikan :
1. Memilih ayam yg bagus.
2. Dirawat sampai 100% fit siap adu.
3. Cari musuh sebisa mungkin yg lebih jelek, lebih kecil, minimal sepadan (tandingan).
4. Pakai bebotoh yg berpengalaman.

Jadi, soal menang atau kalah itu sebagian besar (75%) berkaitan erat dengan diri kita sendiri sebagai pemilik/perawat.
Jangan pernah menyalahkan ayam yg kita gunakan untuk meraih tujuan kemenangan itu. Karena saya yakin, ayam yg kita gunakan sudah berusaha semaksimal mungkin, mempertaruhkan nyawanya demi sebuah kemenangan yg kita inginkan.
Ya betul semua tapi sebenernya faktor genetik itu 75% dari kemenangan, ayam yg turunan, struktur tulang dan gaya tarung jelek mau dilatih bagaimanapun sangat sulit mengalahkan ayam yg bloodlinenya lebih baik (sama2 dlm keadaan terlatih), perawat cuma memaksimalkan kelebihannya saja.
Kalau kita pakai ayam dgn faktor genetik jelek, cengeng, gaya tarung jelek, sudah tentu jauh dari menang.
Apakah kekalahan ini kesalahan si ayam..?
Menurut saya, ini tetap salah manusianya. Kenapa pake yg jelek..??
hehehe...lek iso ojok adu phetek bro dusoooooo,,,,,sososo
MAKANE DOLOR,,,SAYANG DAN KASIHI TU AYAM KAMU,SESEKALI UMBAR DI TRETES BIAR PILIH2 BABON YG BAGUS

JAGO PKL /TEKNIK
Jika ayam mempunyai tulang supit/sipit rapat (makin rapat kedudukan supitnya) 90% adalah ayam solah
Jika ayam mempunyai tulang supit/sipit kaku dan renggang (semakin longgar) 90% adalah ayam pukul.brutu/pangkal ekor besar rapat dan keras biasanya ayam pukul. supit rapat dan kaku biasanya nafasnya bagus.(biasanya gitu),tapi boto kuno ada yg cuma liat aja wes tau tu phetek pukul,teknis,jalon,bodoh,dll(karna biasa kulino n pengalaman adon)
MENGHADAPI LWN SUPER JALON
Ayam jalon dengan rekor rata2 menang dibawah 1 air berarti mempunyai teknik tempel pukul....kalo saya tidak perlu repot2 mencari ayam untuk menandinginya tetapi lebih baik mengikuti kemana ayam tersebut akan berlaga sambil sesekali mencari peruntungan....ke...ke...ke...    tapi kalo memang penasaran ingin mencoba mengalahkan tipe tersebut bisa dicarikan ayam gaya tikus masuk kolong/sayap dan tiba2 keluar sambil cepat lempar pukulan..... atau cari ayam yang atret mundur sambil terus memukul ( mranggal ) tanpa mematuk.....atau ayam yang begitu dilepas langsung lari keliling arena sambil sekali balik kucing dan lempar pukulan mendadak.....nah coba aja beli di cak warno prigen pasti puassss sampean hihi promosiii.
KENA JILING
Kalau kena jalu dan tipam (jiling), keseimbangan hilang, miring2, dsb, obat yg paling mujarab adlh diangkat mas..kalo kena jiling ... biasanya ya diangkat kalo dah miring2 / malah lempeng lehernya ... kalo sayang ayamnya   tp ada jg yg membiarkan kepukul lg katanya biar sembuh... tp yg udah2 ya bablas ati ayamnya alias keok ..tp kalo sayang ayam pasti diangkat trus dibenerin dibuka mulut ayam dirogoh pake jari dilak-lakan (langit2 mulut ayam) setelah itu ayam diurut dr kepala sampai ke leher ayam, kalo ayam hampir sadar tiup / dikilik pake bulu telinganya kanan & kiri .. kalo ayam dah sadar ambil busa basahin lalu buat ngelap/basahin pantat ayam biar sadar bener .jg ada yg menarik jengger n diurut2 tu burung ehh ayam,,bentar sadar ndiri.
IKI BRO BAHASANE BEBOTOH
ngembun=narik belakang nyedot=narik dari depan jiling=pukul kaku\saraf glender=ayam solah turun nyingkap=bongkar sayap jalon=jalu masuk
sale = 1 lawan 1 apit = 1 lawan 2 seringgit = 1 lawan 4 gotun = 1 lawan 20 ceko kecil = 1 lawan 40 gombel = pegang di janggut rus mukul ngonde = mukul kepala dari belakang pelok mangga = tulangannya gepeng kek biji mangga jantung pisang = tulangannya ke jantung pisang lembe = jenggernya agak lebar dan miring.bae= 1 lawan 1 ,apit =1 x 2 , telon=1 x 3 ,patan=1 x 4 , liman =1 x 5 dst. [list=1][*] ayam renteng = ayam jalu nya dobel,ayam gepuk = ayam yang pukulan keras ayam janggut= ayam solahnya bawah dagu.,ayam nalo = ayam yg mempunyai keistimewaan tersendiri.Ngebeng (Bhs.jambi)= Ayam dg sikap bawah sambil jalan pelan dan sangat mudah dipukul lawan. Dalam bahasa Padang disebut Ma-enta.
Cogok Kontrol (Bhs.Jambi)= Ayam dg sikap atas (mengontrol musuh dari atas dan tak mau turun main bawah) Sam-sam (istilah di bangko-Jambi)= main sama banyak Sementara ini dulu, Silahkan tambah istilah lain oleh rekan2 dari Jambi atau dari padang(Sumbar).Ngalung :kepala menyilang kepala lawan, dari badan sebelah kanan ditumpangkan ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya.
Nempel : beradu leher sama leher
Tumpang gulu : posisi nempel sama nempel
Sap : Tingkatan ukuran ayam (misal kalah 1 sap,.. artinya lawan lebih besar 1 tingkat : 8 vs 9)
Sayap Selat : Sayap yang tidak lengkap, ada salah satu titik yang tidak tumbuh sayap atau dobel disebelahnya sehingga bila dibeber jadi bolong.
Pacroh : ada 2 : Bila diadu mematuknya pas paruh sama paruh, atau bertarung tidak sengaja (ayam di kurungan sama diluar; atau diluar sama di kandang) yang mengakibatkan paruh luka, bahkan rusak.
Ngemel : luka pada paruh yang mengakibatkan paruh ada bengkaknya dan terkelupas kulit paruhnya
Bleset : Ayam yang pada saat ditarungkan, cuma beberapa detik / 1 menit tiba-tiba kabur sendiri,.. ini penyebabnya : 1. karena masih muda, 2) karena masih banyak bulu muda 3) karena sakit[/quote] mau nambah lagi pandah dulu(malang versi)=bayar dulu uang taruhan,ayam bok=ayam draw,ayam mbreset=ayam batal tarung,garuda unggul=1x25,jaran unggul=1x12." Buka Jendela " artinya bongkar sayap lalu mukul dari belakang
" Hexos " artinya ayam ngemut...tapi sekarang lebih populer disebut " cut tari "
" Nggejlig/Serangan Udara " artinya ayam yang mukul dari sisi atas kearah badan atau kepala lawan
" Montong " artinya kepala ayam sudah bengkak kaku dan berat kebawah
" Centelan manuk " artinya leher ayam sudah patah kebelakang dengan kepala diatas punggung seperti huruf S

MEMBACA KARAKTRER AYAM
Jengger
- Jengger yg besar menandakan type teknik ayam yg lebih 'kalem'.
- Jengger kecil menunjukan teknik yg lebih gesit.

Kulit muka
- Kulit muka tebal berkerut2 menandakan tekniknya yg kalem dan lebih tahan menerima pukulan.
- Kulit muka yg tipis menandakan ayam gesit namun lebih rentan menerima pukulan.

Bentuk kepala
- Bentuk kepala yg besar menandakan 'ayam bodoh'.
- Bentuk kepala yg lebih kecil seperti pinang biasanya ayam lebih cerdik.

Leher
- Tulang leher yg besar mencirikan ayam bukan type peluk. Cenderung monoton dalam teknik tarungnya.
- Leher yg lebih kecil menandakan pergerakan leher dan kepala lebih luwes dan kemungkinan memiliki kuncian yg baik.

Badan
- Bentuk badan yg tegap lebih dari 45 derajat menandakan type teknik bermain di atas.
- Badan yg sedikit membungkuk kurang atau sama dengan 45 derajat menandakan ayam lebih banyak bermain di bawah.

Tulang dada
- Tulang dada panjang menandakan ayam memiliki daya tahan pukul yg baik, pukulan keras, tapi kurang lihai memukul rapat.
- Tulang dada pendek memiliki pukulan yg lengkap dan akurat tapi kurang kuat menahan pukulan lawan.

Ekor
- Ekor yg panjang mencirikan teknik yg kalem.
- Ekor yg pendek menandakan teknik dan pukulan yg lebih cepat dan gesit.

Paha
- Jarak kedua paha yg lebar (sama dengan atau lebih besar dari telapak tangan yg dimasukan diantaranya) menandakan pukulan yg keras. Terlalu lebar jalu kurang galak.
- Jarak kedua paha yg lebih rapat menandakan pukulan yg cepat (gancang). Terlalu sempit pukulan tidak sakit.
- Paha yg berbentuk seperti paha belalang memiliki kekuatan dan konsistensi pukulan yg baik.
- Paha yg seperti 'paha ayam goreng' pukulan akan 'tirus' (semakin lama semakin berkurang bobotnya).


Contoh kasus :
1- Ayam musuh berjengger kecil, kulit muka tipis, leher rotan (kecil), badan 45 derajat, ekor agak pendek. Kemungkinan besar tekniknya gesit cenderung dibawah, pukulan cepat, memiliki kemampuan mengunci, tapi agak kurang tahan dipukul.

2- Ayam dgn jengger besar, kepala pinang, leher rotan, kulit muka tebal, badan tegap dgn buntut panjang. Kemungkinan besar teknik kontrol yg sulit diturunkan, memiliki kemampuan ngunci, dan pukulan yg keras akurat.

3- Ayam dgn kepala besar, muka tebal, jengger besar, leher besar, badan tidak tegap, ekor agak pendek. Kemungkinan main di bawah dgn lambat (ngoyor), tapi punya daya tahan pukul yg bagus.

Silakan dianalisa dari berbagai kombinasi diatas. Untuk kualitas pukulan, saran saya, semua ayam harus dianggap memiliki pukul yg bagus saja. Jadi kita jangan terlalu meremehkan pukulan lawan.

Aplikasi di lapangan :
Bila ayam kita bertype kontrol cenderung main diatas, maka 'gandengan' bisa dicarikan ayam type kasus no. 3 atau 1.
Bila bertemu ayam dgn type kasus no. 2, maka ayam kita kemungkinan besar akan saling jual beli pukulan. Resiko cacat dan memperkecil peluang menang.
JAGO SIAP TURUN
1. Pegangan ayam bobotnya sudah turun kebawah.( arah ke kaki)
2. Otot sudah sempurna bila di pegangan di bagian leher ayam akan menkeret ( ototnya melawan)..
3. Otot paha atas kelihatan nonjol keluar.dan padat.
4. Wajah ayam memerah cerah.
5. Brutu merah dan berminyak.
6. Cela jari juga ada merah. Sekitar dengkul juga ada merah .
7. Dan sisik dibawah dengkul umumnya yang bagian luar dari atas urutan 3 s/d 6 ada perbedaan lebih kering ( seperti ada kapur).
Demikian bila ciri-cirinya ayam sudah fit.
8. Kewaspadaan ayam meningkat . Dilihat dari gerak kepalanya N jago ngk luka dalam/luar serius
CARA SAMBUNG BULU
Bulu yg rusak/patah bisa disambung. Kebanyakan disambung dgn cara di'tusuk' pada pangkal, atau ada juga yg disambung tempel.
Berikut ini sedikit tips cara menyambung bulu dgn menggunakan jarum pentul.

Alat dan bahan yg harus disiapkan :
1. Tang potong.
2. Lem power glue.
3. Jarum pentul (pentulnya dibuang).
4. Pisau lipat
5. Bulu penyambung (bentuk harus diupayakan sama dg bulu yg patah di sayap).
6. Selongsong pangkal bulu yg sudah dipotong 2 cm.
Cara mengerjakan :
1. Potong bulu yg akan dijadikan sambungan. Sesuaikan ukurannya dgn bulu yg patah serta panjang bulu harus diatur agar serasi dg bulu2 lain di sayap.
2. Tusukan jarum pentul yg sudah dibuang pentulnya ke dalam bulu yg sudah dipotong. Sebelum ditusukan, celupkan dulu jarum ke dalam power glue.
3. Ujung jarum yg lain ditusukan ke dalam bulu yg patah. (jangan lupa jarum diberi power glue dulu).
4. Tekan perlahan2, sampai bulu menyatu dg baik. Penusukan harus lurus.
5. Ambil selongsong pangkal bulu. Belah menjadi dua.
6. Sambungan bulu yg sudah terpasang di beri lem power glue.
7. Rekatkan selongsong yg telah dibelah dua tadi.
8. Tekan supaya menempel erat.
----
kalau cara tempel :
siapkan bahan yg diperlukan :
1. pisau cutter
2. lem sepatu (saya biasa pakai fox)
3. sambungan bulu ayam
-------------:
dg langkah-langkah sbb :
1. rapikan bulu yg akan di sambung dan potong dg pisau cutter ujung-nya secara miring arah atas ke bawah .. kemiringan 45 derajat.
2. potong juga sambungan bulu ayam yg disediakan, dengan arah bawah ke atas dengan kemiringan 45 derajat.
3. coba stel-kan dengan bulu yg akan di sambungan ... pastikan sambungan dan panjang-nya ... sudah cocok dan pas !!
4. siapkan lem sepatu-nya dan berikan kemasing-masing sambungan bulu tersebut, secukup-nya
5. bila sudah kering .... tempelkan masing-masing ujung sambungan bulu ayam tersebut, sambil ditempelkan jangan lupa ... posisi/kemiringan sambil di perhatikan !!.
perhatian......jangan berjudi bro............
---------------------------------------------------------
SUMBER:papaji-al.com-gims bredeer-ganoi.com n bebotoh karismatik

DEMIKIAN CORAT CORET SAYA,NGK UNTUK DI JUAL,CUKUP TAK WOCO DEWE,
maklum bro baru belajar biar pinter soal perayaman
TQ GUSTIALLAH
TQ BUAT TMN2 N GURU2 YG UDAH BNYX BANTU DLM CATATAN INI
TQ JUGA BUAT REKAN2 PAPAJI N BPH AL.COM JUGA PARA BEBOTOH SENIOR
TQ BUAT BAPAK MERTUA SAYA D PATTANI
TQ BUAT BOS2 JAGO DR TLGAGUNG,JEMBER,BLITAR,MLG,TRETES
 TQ BUAT TMN2 PENGHOBI
cak jel,cak karto,cak narto,anggie,aries,krebo,cak mar,mas dimas,kang suryo,cak kun,mas andik,naryo,mr.ling,bos woto,om kosen,kho jhong,kho han,kho wen,cak yono,kang mardi
cak kamsari,om kokok,om gin,ko sin,pak jainul,pak yunus n cak sur dan tmn2 se pandaan tretes.

JUGA UNTUK KAKAK IPAR,REKAN2 FROM KL MALAYSIA,PATTANI THAI,MANILA FILIPINA atas bantuanya kpd keluarga kami
terkhusus BAGI REKAN2 SAUDARA KAMI(PELANGGAN TETAP)produk ayam2 dr kandang kami trima kasih atas semua kerjasamanya
tanpa kalian semua farm kami tidak akan jadi apa2....

PADEPOKAN BANGKOK PETHOUSE
081331027471
cak warno prigen tretes(king war)
video ayamku N penampakan latber PAB 
KLIK DI WWW.BANGKOKPRIGEN.BLOGSPOT.COM
atau di ZONAKINGWAR.BLOGSPOT.COM
www.pukulko.blogspot.com
----------------------------------------------------------------------------------------------------------

              PECINTA N PERAWAT AYAM BEDAKAN DG PENJUDI ADU AYAM
semoga tulisan ini ngk merangsang rekan jd destruktif moga jadi makin tulen n total menyayangi,menghargai sesama ciptaan,,,maaf jk ada salah2 kata n prasangka......
                           MAJU BERSAMA SENI SABUNG AYAM NON JUDI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar